Sahal, Muhammad (2024) Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Tourist Satisfaction (Studi Pada Wisatawan Kota Batu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh City Branding dan City Image terhadap Revisit Intention wisatawan ke Kota Batu yang dimediasi oleh Tourist Satisfaction. Adapun dalam penelitian ini mengumpulkan 200 sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Sedangkan uji data dalam penelitian ini menggunakan SEM PLS. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel City Branding tidak memiliki pengaruh terhadap Revisit Intention. Sedangkan City Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Selain itu dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa City Branding dan City Image berpengaruh positif terhadap Revisit Intention dengan Tourist Satisfaction sebagai variabel mediasi. Adapun manfaat dalam penelitian ini diharapkan pemerintah Kota Batu dapat terus meningkatkan kualitas City Image kotanya agar dapat meningkatkan kunjungan Kembali wisatawan di Kota Batu. Selain itu, kepuasan wisatawan juga harus menjadi prioritas utama bagi pelaku usaha pariwisata dan pemerintah Kota Batu agar dapat membantu terciptanya City Branding dan City Image yang baik di Kota Batu. Sehingga wisatawan yang datang ke Kota Batu diharapkan dapat berkunjung kembali di waktu mendatang.
English Abstract
This study aims to determine the influence of City Branding and City Image on the Revisit Intention of tourists to Batu City mediated by Tourist Satisfaction. The study collected 200 samples with purposive sampling techniques. The data collection method in this study used a questionnaire with a Likert scale of 1-5. The data test in this study used SEM PLS. The results of this study show that the City Branding variable has no influence on Revisit Intention. While City Image has a positive and significant influence on Revisit Intention. In addition, this study also shows that City Branding and City Image have a positive effect on Revisit Intention with Tourist Satisfaction as a mediation variable. The benefits of this study are that the Batu City government can continue to improve the quality of the city's City Image in order to increase tourist return visits in Batu City. In addition, tourist satisfaction must also be a top priority for tourism business actors and the Batu City government to help create suitable City Branding and City Image in Batu City. So that tourists who come to Batu City are expected to be able to visit again in the future.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042401 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:54 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219829 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Sahal.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |