Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Agrowisata di Kabupaten Malang (Studi Kasus Agrowisata Cafe Sawah Pujon Kidul).

Fathurrahman and Dr. Silvana Maulidah SP., MP. and Heptari Elita Dewi SP., MP. (2024) Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Agrowisata di Kabupaten Malang (Studi Kasus Agrowisata Cafe Sawah Pujon Kidul). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi suatu fenomena global yang melibatkan jutaan manusia, baik dikalangan masyarakat, pemerintah maupun industri pariwisata (Lailatufa et al., 2019). Salah satu aspek wisata yang memiliki potensi besar terhadap perekonomian Indonesia adalah wisata dalam lingkup pertanian (Agrowisata). Salah satu destinasi wisata yang menggunakan konsep agrowisata di daerah tersebut adalah Cafe Sawah Pujon Kidul. Belakangan ini Cafe Sawah Pujon Kidul mengalami penurunan jumlah pengunjung yang cukup signifikan dikarenakan efek pandemi tahun 2020 lalu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari citra destinasi terhadap keputusan berkunjung Wisatawan ke Cafe Sawah, untuk menganalisis pengaruh produk wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Cafe Sawah dan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Cafe Sawah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 - Januari 2024 di agrowisata Cafe Sawah Pujon Kidul yang ditentukan secara purposive dengan pertimbangan yaitu wisata di Kabupaten Malang merupakan wisata yang diminati oleh banyak wisatawan. Sampel yang digunakan sebanyak 103 responden yang ditentukan oleh pendekatan Cohen terkait jumlah sampel yang digunakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Adapun bantuan software yang digunakan adalah SmartPLS 4 dalam menganalisis data penelitian yang telah dikumpulkan. Analisis yang dilakukan adalah analisis outer model dan inner model. Outer model dengan indikator refleksif dievaluasi dengan discriminant validity dan convergent validity dari indikatornya dan composite reablity untuk keseluruhan indikator. Inner model dievaluasi dengan cara melihat persentase varian yaitu dengan melihat R square. Konstruk laten dependen menggunakan ukuran Q Square test dan melihat besarnya koefisien dari jalur strukturalnya. Stability dari estimasi ini dievaluasi menggunakan uji t statistik yang didapat melalui prosedur bootstrapping. Pada penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 10% atau Tingkat kepercayaan yang digunakan dalam analisis adalah sebesar 90% sehingga taraf signifikansi (α) dalam penelitian ini adalah 10% vi Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, hasil Penelitian menunjukkan bahwa Citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul Kabupaten Malang, Produk Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul Kabupaten Malang, dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul Kabupaten Malang. Saran yang dapat diberikan dari penulisan skripsi ini adalah Cafe Sawah dapat meningkatkan kualitas citra mereka dimulai dari keunikan yang mereka miliki, Cafe Sawah juga dapat meningkatkan keberagaman wisata yang mereka miliki seperti kegiatan objek dan tampat yang menarik untuk dikunjungi. Cafe sawah dapat menambahkan wisata pemancingan karena banyak kolam yang terkesan tidak terpakai di wilayah cafe sawah sehingga wisata pemancingan bisa menjadi menarik untuk dijadikan salah satu jenis wisata. Dari segi konten, pihak cafe sawah dapat meningkatkan kualitas dan intensitas upload konten agar dapat masyarakat secara lebih luas.

English Abstract

The development of the tourism sector has experienced a very rapid development and has become a global phenomenon involving millions of people, both in the community, government and tourism industry (Lailatufa et al., 2019). One aspect of tourism that has great potential for the Indonesian economy is tourism within the scope of agriculture (Agrotourism). One of the tourist destinations that uses the concept of agritourism in the area is Cafe Sawah Pujon Kidul. Recently, Cafe Sawah Pujon Kidul has experienced a significant decline in the number of visitors due to the effects of the pandemic in 2020. This study aims to analyze the effect of destination image on tourist visiting decisions to Cafe Sawah, to analyze the effect of tourism products on tourist visiting decisions to Cafe Sawah and to analyze the effect of Electronic Word of Mouth on tourist visiting decisions to Cafe Sawah. This research was conducted in December 2023 - January 2024 at Cafe Sawah Pujon Kidul agro-tourism which was determined purposively with the consideration that tourism in Malang Regency is a tour that is in demand by many tourists. The sample used was 103 respondents determined by Cohen's approach regarding the number of samples used. The sampling technique used in this study used a non-probability sampling approach using purposive sampling method. The data collection technique used was a questionnaire and analyzed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis tool. The software assistance used is SmartPLS 4 in analyzing the research data that has been collected. The analysis carried out is the outer model and inner model analysis. Outer models with reflexive indicators are evaluated by discriminant validity and convergent validity of the indicators and composite reliability for all indicators. The inner model is evaluated by looking at the percentage of variance, namely by looking at R square. The dependent latent construct uses the Q Square test and looks at the magnitude of the coefficient of the structural path. The stability of this estimate is evaluated using the t test statistics obtained through the bootstrapping procedure. In this study using a significance level of 10% or the confidence level used in the analysis is 90% so that the significance level (α) in this study is 10%. Based on the results of the analysis that has been done, the results show that destination image has a positive and significant effect on the decision to visit Cafe Sawah Pujon Kidul Malang Regency, Tourism Products have a positive and significant effect on the decision to visit Cafe Sawah Pujon Kidul Malang Regency,and Electronic Word of Mouth has a positive and significant effect on the decision to visit Cafe Sawah Pujon Kidul Malang Regency. Suggestions that can be given from writing this thesis are that Cafe Sawah can improve the quality of their image starting from the uniqueness they have, Cafe Sawah can also increase the diversity of tours they have such as object activities and interesting places to visit. Cafe sawah can add fishing tours because many ponds seem unused in the cafe sawah area so that fishing tours can be interesting to be used as one type of tour. In terms of content, the cafe sawah can improve the quality and intensity of uploading content so that it can be more widely publicized.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040231
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:05
Last Modified: 05 Jun 2024 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219815
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
alfadhani graphia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item