Januar, Naufal Falih and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP and Mentari Puspawardani, S.Pi., M.Si (2024) Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kinerja Wisata Bahari Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang masih berkembang di Indonesia, sektor pariwisata dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi warga setempat, pemerintah daerah dan negara. Wisata Bahari Tlocor merupakan salah satu wisata yang digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang mencari pengalaman wisata yang berbeda. Objek Wisata Bahari Tlocor berlokasi di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan dan kinerja Wisata Bahari Tlocor. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kegiatan pengumpulan data dan pengolahan dilakukan mulai dari bulan Januari sampai Maret 2024. Hasil penelitian di Wisata Bahari Tlocor didapatkan karakteristik pengunjung berdasarkan jenis kelamin adalah 66% pria dan 34% wanita, berdasarkan usia 15-25 tahun adalah 75%, usia 20 -35 tahun adalah 18%, dan usia 36-45 tahun adalah 7%, berdasarkan Pendidikan terakhir adalah SD/MI adalah 2%, SMP/MTs adalah 11%, SMA/SMK/MA adalah 57%, S1 hingga S3 adalah 30%, berdasarkan jenis pekerjaan PNS/BUMN adalah 7%, pegawai swasta adalah 13%, pelajar/mahasiswa/I adalah 64%, wirausaha adalah 11%, IRT (ibu rumah tangga) adalah 5%, berdasarkan asal kota Sidoarjo adalah 48%, Surabaya adalah 23%, Malang adalah 4%, Pasuruan adalah 14%, dan diluar kota tersebut adalah 11%. Perhitungan kepuasan pengunjung menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan nilai CSI sebesar 83% yang menunjukkan sangat puas. Perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan hasil IPA dengan rata-rata tingkat kinerja 3,30 dan rata-rata tingkat kepentingan 3,28. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis dapat diketahui strategi pengelolaan kinerja dan atribut yang memiliki kepentingan tinggi dan kinerja rendah untuk diperbaiki: Kualitas makanan dan kuliner (X1.2) (X2.2). Kecepatan dan ketepatan dalam membantu pengunjung (X3.3). Kecepatan kru dalam menangani keluhan (X3.4). Kru professional dan aman dalam perjalanan menuju objek wisata (X4.1). Kualitas pelayanan yang memperkuat kepercayaan pengunjung (X4.2). Kru mengutamakan keselamatan pengunjung (X5.2). Menghargai permintaan dan kebiasaan pengunjung (X5.4). Atribut yang memiliki prioritas rendah dalam perbaikan kinerjanya adalah Kondisi infrastruktur (X1.1). Berdasarkan hasil perhitungan Service Quality (Servqual) didapatkan nilai gap dari rata-rata keseluruhan dimensi kualitas adalah 0,02 nilai servqual (>0) adalah puas.
English Abstract
The tourism sector is one of the sectors that is still developing in Indonesia. The tourism sector can contribute to improving the economy of local residents, regional governments and the state. Tlocor Marine Tourism is a tourist attraction that is popular with local and foreign tourists who are looking for a different tourism experience. The Tlocor Marine Tourism Attraction is located in Kedungpandan Village, Jabon District, Sidoarjo Regency. This research activity was carried out to determine the level of visitor satisfaction with the service quality and performance of Tlocor Marine Tourism. Data collection methods use questionnaires, documentation, interviews and observation. Data collection and processing activities will be carried out from January to March 2024. The results of research at Tlocor Marine Tourism showed that visitor characteristics based on gender were 66% male and 34% female, based on age 15-25 years it was 75%, age 20-35 years was 18%, and age 36-45 years was 7%, based on the latest education, SD/MI is 2%, SMP/MTs is 11%, SMA/SMK/MA is 57%, S1 to S3 is 30%, based on type of work PNS/BUMN is 7%, private employees are 13%, students/students/I is 64%, entrepreneurs are 11%, domestic workers (housewives) are 5%, based on city of origin Sidoarjo is 48%, Surabaya is 23%, Malang is 4%, Pasuruan is 14%, and outside the city that is 11%. Calculating visitor satisfaction using the Customer Satisfaction Index (CSI), the CSI result was 83%, which is very satisfied, based on the Importance Performance Analysis (IPA) calculation, the IPA results were obtained with an average performance level of 3.30 and an average level of importance of 3.28. Based on the results of the Importance Performance Analysis, it can be seen that performance management strategies and attributes have high importance and low performance to be improved: Food and culinary quality (X1.2) (X2.2). Speed and accuracy in helping visitors (X3.3). Crew speed in handling complaints (X3.4). Professional and safe crew on the way to tourist attractions (X4.1). Service quality that strengthens visitor trust (X4.2). The crew prioritizes visitor safety (X5.2). Respect visitor requests and habits (X5.4). The attribute that has a low priority in improving performance is infrastructure condition (X1.1). Based on the results of Service Quality (Servqual) calculations, the gap value from the average of all quality dimensions is 0.02. The servqual value (>0) is satisfied.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524080056 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 May 2024 07:36 |
Last Modified: | 30 May 2024 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219760 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naufal Falih Januar.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |