Wardani, Hesti Ayu and Dr. Ir. Agus Tjahjono, MS and Asyifa Anandya, S.Pi., M.Sc (2024) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Pada CV Fish Boster Centre Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ikan nila merupakan ikan air tawar yang memiliki banyak keunggulan sehingga banyak dibudidayakan di Indonesia. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang membudidayakan ikan nila secara intensif diberbagai wilayahnya Kabupaten Sidoarjo adalah daerah yang memiliki volume produksi perikanan pembesaran ikan nila di Jawa Timur paling besar yaitu 16.434ton pada tahun 2022 menurut BPS Kabupaten Sidoarjo. CV Fish Boster Centre merupakan perusahaan yang begerak dibidang perikanan budidaya yaitu usaha pembesaran ikan air tawar di Kabupaten Sidoarjo yang salah satu komoditasnya adalah ikan nila. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi faktual lingkungan internal dan lingkungan eksternal kemudian merumuskan strategi pengembangan lalu menentukan strategi prioritas dalam pengembangan usaha ikan nila di CV Fish Boster Centre. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Data sekunder didapatkan dari instansi CV Fish Boster Centre berupa arsip, laporan, dan publikasi artikel ilmiah serta BPS Kabupaten Sidoarjo. Sampel ditentukan dengan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian ini adalah CV Fish Boster Centre pada kondisi faktual internal kekuatan yang dimiliki CV Fish Boster Centre yaitu lokasi usaha strategis, sarana dan prasarana memadai, menggunakan pakan mandiri, pembesaran menggunakan sistem boster, dan memiliki sumberdaya manusia yang kompeten dalam pembesaran ikan nila serta kelemahan yaitu terdapat kendala sulit mendapatkan air tawar, stok ikan tidak dapat memenuhi permintaan, dan ketersediaan kolam pembesaran terbatas. Kondisi faktual lingkungan eksternal peluang yaitu permintaan pasar yang tinggi, adanya kepercayaan dan loyalitas pelanggan, adanya kerjasama dengan instansi pemerintahan, dan ikan nila dapat dijadikan sebagai substitusi ikan kakap. Selain itu terdapat ancaman yaitu adanya gangguan hama dan penyakit pada ikan, adanya panen raya, kenaikan harga bahan baku pakan mandiri, dan cuaca. Pada analisis SWOT didapatkan hasil bahwa faktor internal kekuatan dan faktor eksternal peluang mempengaruhi usaha pembesaran ikan nila di CV Fish Boster Centre kemudian didapatkan 8 alternatif strategi pengembangan usaha yaitu memanfaatkan kerjasama dengan instansi pemerintahan untuk pengoptimalan usaha pembesaran ikan nila, meningkatkan kinerja karyawan dalam mengelola usaha pembesaran ikan nila, membuka lokasi pembesaran baru untuk meningkatkan kuantitas produksi, menjual ikan nila ke pemancingan, optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana untuk meminimalisir gangguan hama penyakit dan cuaca ekstrem, mencari subtitusi bahan pakan mandiri yang memiliki harga terjangkau, melakukan peramalan permintaan ikan nila sebagai acuan perencanaan produksi, dan optimasi rencana produksi pakan mandiri untuk usaha pembesaran ikan nila. Kemudian, diketahui bahwa perusahaan berada diposisi kuadran 1 yang berarti menguntungkan dan mendukung strategi agresif. Strategi prioritas berdasar analisis QSPM dengan tiga nilai tertinggi yaitu meningkatkan kinerja karyawan dalam mengelola usaha pembesaran ikan nila, memanfaatkan kerjasama dengan instansi pemerintahan untuk pengoptimalan usaha pembesaran ikan nila, dan optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana untuk meminimalisir gangguan hama penyakit dan cuaca ekstrem. Saran yang dapat penulis berikan yaitu bagi CV Fish Boster Centre disarankan untuk memberikan motivasi terhadap karyawannya agar semakin menumbuhkan rasa tanggung jawab dan loyal dalam melakukan perkerjaannya sehingga hasil yang didapatkan optimal. Bagi pemerintah terutama bagi dinas terkait yang melakukan kerjasama dengan CV Fish Boster Centre yaitu memberikan dukungan dan bantuan terhadap kesulitan yang dialami agar terwujud sinergi antara pemerintah dengan swasta untuk mewujudkan usaha perikanan yang berkelanjutan.
English Abstract
Tilapia is a freshwater fish that has many advantages so it is widely cultivated in Indonesia. East Java is one of the provinces that cultivates tilapia fish intensively in various regions. Sidoarjo Regency is the area that has the largest production volume of tilapia rearing fisheries in East Java, namely 16,434 tons in 2022 according to BPS Sidoarjo Regency. CV Fish Boster Centre is a company that operates in the field of aquaculture, namely the business of rearing freshwater fish in Sidoarjo Regency, one of the commodities of which is tilapia. This research aims to identify the factual conditions of the internal and external environment, then formulate a development strategy and then determine priority strategies in business development. Tilapia fish at CV Fish Boster Centre. This research was conducted from December 2023 to January 2024. This type of research is qualitative research using descriptive methods through a case study approach. Primary data was obtained through observation, interviews, documentation and questionnaires. Secondary data was obtained from the CV Fish Boster Center agency in the form of archives, reports and publications of scientific articles and BPS Sidoarjo Regency. The sample was determined by purposive sampling. Data was analyzed using SWOT analysis and QSPM analysis. The results of this research are that CV Fish Boster Center has internal factual conditions, the strengths of CV Fish Boster Center are strategic business location, adequate facilities and infrastructure, using independent feed, rearing using a booster system, and having competent human resources in tilapia rearing and weaknesses. namely, there are difficulties in getting fresh water, fish stocks cannot meet demand, and the availability of grow-out ponds is limited. The factual conditions of the external environment are opportunities, namely high market demand, customer trust and loyalty, cooperation with government agencies, and tilapia can be used as a substitute for snapper. Apart from that, there are threats, namely the presence of pests and diseases in fish, a bumper harvest, an increase in the price of raw materials for independent feed, and the weather. In the SWOT analysis, the results showed that internal factors of strength and external factors had opportunities to influence the tilapia grow-out business at the CV Fish Boster Center. Then 8 alternative business development strategies were obtained, namely utilizing collaboration with government agencies to optimize the tilapia grow-out business, improving employee performance in managing the grow-out business. tilapia fish, opening new grow-out locations to increase production quantity, selling tilapia fish to fishermen, optimizing the use of facilities and infrastructure to minimize pests, diseases and extreme weather, looking for substitutes for independent feed ingredients at affordable prices, forecasting demand for tilapia fish as a planning reference production, and optimization of independent feed production plans for tilapia rearing businesses. Then, it is known that the company is in quadrant 1, which means it is profitable and supports an aggressive strategy. The priority strategy is based on QSPM analysis with the three highest scores, namely improving employee performance in managing the tilapia grow-out business, utilizing collaboration with government agencies to optimize the tilapia grow-out business, and optimizing the use of facilities and infrastructure to minimize pest and disease disturbances and extreme weather. The advice that the author can give is that CV Fish Boster Center is advised to provide motivation to its employees so that they develop a sense of responsibility and loyalty in carrying out their work so that the results obtained are optimal. For the government, especially for related agencies that collaborate with the CV Fish Boster Center, namely providing support and assistance for the difficulties experienced in order to create synergy between the government and the private sector to create a sustainable fisheries business.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524080052 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 May 2024 06:14 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219753 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hesti Ayu Wardani.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |