Pengaruh Green Accounting, Corporate Social Responsibility (Csr), Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022)

Hidayati, Annisa (2024) Pengaruh Green Accounting, Corporate Social Responsibility (Csr), Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh green accounting, corporate social responsibility (CSR), dan reputasi perusahaan terhadap kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2022. Total sampel sebanyak 54 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs resmi perusahaan. Variabel green accounting pada penelitian ini diproksikan melalui biaya lingkungan; variabel reputasi perusahaan diproksikan melalui rasio market to book value; dan kinerja keuangan diproksikan melalui return on assets (ROA). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green accounting berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan. Sebaliknya, CSR dan reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

English Abstract

This study aims to examine the effect of green accounting, corporate social responsibility (CSR), and firm reputation on financial performance. The population in this study consists of all manufacturing and mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2021– 2022, from which the samples of 54 companies are selected through purposive sampling. This study involves secondary data of the annual reports and sustainability reports obtained from the companies’ official websites. The variables of green accounting, firm reputation, and financial performance are represented by environmental costs, market-to-book value ratio, and return on assets, respectively. The data are analyzed by multiple linear regression processed SPSS version 26. The analysis results exhibit that green accounting has a negative effect on financial performance while CSR and firm reputation have a positive and significant effect on financial performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052401
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 22 May 2024 01:51
Last Modified: 22 May 2024 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219745
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item