Pengaruh Kerja shift Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Stress Kerja (Studi pada Karyawan PT Gajah Tunggal Tbk Tangerang)

Rijal, Bilal Zaki and Dr.Muhammad Faisal Riza, S.Sos.,M.Si (2024) Pengaruh Kerja shift Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Stress Kerja (Studi pada Karyawan PT Gajah Tunggal Tbk Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan dan transformasi zaman, terutama dalam konteks bisnis, tercermin dalam perubahan signifikan di beberapa aspek kunci. Transformasi ini melibatkan pergeseran dalam dunia informasi, perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki keterampilan tinggi, serta persaingan bisnis yang semakin sengit yang di sebabkan oleh perdagangan bebas. Saat ini industri manufaktur di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memainkan peran yang krusial dalam memajukan ekonomi negara. berdasarkan alasan tersebut, perusahaan mengambil langkah dengan menerapkan sistem kerja shift dengan harapan meningkatkan keuntungan perusahaan, namum hasil observasi awal menunjukan adanya permasalahan peningkatan stress kerja yang di sebabkan oleh kerja shift sehingga menimbulkan dampak penurunan kinerja karyawan. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kerja shift terhadap kinerja karyawan melalui stress kerja, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 10 penelitian terdahulu yang berkaitan dengan metode kerja shift dan pengaruh nya terhdap kinerja dan stress kerja. Penelitian ini merupakan peneltian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang dengan metode purposive sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) kerja shift memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stress kerja karyawan dengan permasalahan terdapat pada tidak konsistensi dalam pergantian jadwal shift .2) stress kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan permasalahan terdapat pada insomnia atau kesulitan tidur.3) kerja shift memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan permasalahan terdapat pada mayoritas karyawan memerlukan waktu tambahan ketika bekerja shift dan yang ke 4) kerja shift berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui stress kerja. Hasil penelitian ini mendukung teori behavior constraint teori.Berdasarkan hasil penelitian permasalahan yang perlu di atasi dari dampak kerja shift ini adalah, tingkat kosistensi pergantian jadwal shift, insomnia pada karyawan dan tambahan waktu yang di perlukan karyawan untuk menyelesaikan tugas nya, berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menyarankan untuk perusahaan meningkatkkan tingkat kosistensi dalam jadwal pergantian shift dan memberikan pelatihan relaksasi untuk mengatasi insomnia yang terjadi pada karyawan

English Abstract

The progress and transformation of the times, especially in the business context, is reflected in significant changes in several key aspects. This transformation involves shifts in the world of information, rapid technological developments, the need for a highly skilled workforce, and increasingly intense business competition caused by free trade. Currently, the manufacturing industry in Indonesia is experiencing significant growth and plays a crucial role in advancing the country's economy. Based on these reasons, the company took steps to implement a work shift system in the hope of increasing company profits, however initial observation results showed that there was a problem of increasing work stress caused by work shifts, which resulted in a decrease in employee performance. Therefore, this research aims to analyze the effect of work shifts on employee performance through work stress. In this study, researchers used 10 previous studies related to the work shift method and its effect on work performance and stress. This research is explanatory research with a quantitative approach. The sample in this study amounted to 59 people using a purposive sampling method. The results obtained from this research are 1) work shifts have a significant influence on employee work stress with the problem being the lack of consistency in changing shift schedules. 2) work stress has a significant influence on employee performance with problems including insomnia or difficulty sleeping. 3) work shifts have a significant influence on employee performance with the problem being that most employees require additional time during work shifts and 4) work shifts have a significant effect on employee performance through work stress. The results of this research support the theory of behavioral constraints.Based on the research results, the problems that need to be addressed due to the impact of work shifts are, the level of consistency in changing shift schedules, insomnia in employees and the additional time needed by employees to complete their tasks. Based on the problem Accordingly, researchers suggest that companies increase the level of consistency in shift change schedules and provide relaxation training to overcome insomnia that occurs in employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030116
Uncontrolled Keywords: kerja shift, stress kerja,kinerja Karyawan.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:02
Last Modified: 05 Jun 2024 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219729
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BILAL ZAKI RIJAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item