Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Di Kota Bogor : Penerapan Layanan Drive Thru Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Ghaniya Namita, Nesia (2023) Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Di Kota Bogor : Penerapan Layanan Drive Thru Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi yang mengungkapkan bagaimana implementasi kebijakan publik di Kota Bogor terfokus pada layanan Drive Thru Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil. Penelitian ini secara eksplisit membahas bagaimana Pemerintahan Kota Bogor dan Disukdukcapil memprogram Kebijakan Layanan Drive Thru untuk mengatasi permasalahan masyarakat Kota Bogor, dengan menggunakan teori implementasi kebijakan Marile S. Grindle. Dan membahas hambatan setelah kebijakan Layanan drive thru terlaksana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan proses pengumpulan datanya dilakukan memalui wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data. Disdukcapil Kota Bogor berhasil merumuskan kebijakan baru yang melengkapi Rencana Kebijakan Pelayanan Publik. Walikota Bogor dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengadakan terobosan layanan drive thru untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor yang pertama di Indonesia. Kepala Disdukcapil Kota Bogor, layanan Drive Thru ini untuk melaksanakan instruksi Walikota Bogor. Dalam peningkatan pelayanan kependudukan, hal ini sesuai dengan Perwali Nomor 58 Tahun 2019 tentang Strategi Unit Pelayanan Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi, serta melakukan inovasi layanan online. Kebijakan Layanan Drive Thru Disdukcapil sejauh ini terbukti mengurangi 65% antrian, namun masih ada hambatan seperti kurangnya sosialiasi terkait kebijakan tersebut dan masih banyaknya masyarakat yang tidak paham perkembangan teknologi sehingga masih ada yang menggunakan layanan offline.

English Abstract

This research is a study that reveals how the implementation of public policy in the city of Bogor is focused on the Drive Thru service of the Population and Civil Registration Service. This study explicitly discusses how the Bogor City Government and Disukdukcapil program the Drive Thru Service Policy to address the problems of the people of Bogor City, using Marile S. Grindle's policy implementation theory. And discussed the obstacles after the drive thru service policy was implemented. This study uses a qualitative descriptive method, with the data collection process carried out through interviews, observation, literature study and documentation. The validity of this research data uses data triangulation. The Bogor City Disdukcapil succeeded in formulating a new policy that complements the Public Service Policy Plan. The Mayor of Bogor and the Head of the Population and Civil Registry Office held a groundbreaking drive thru service for the Bogor City Population and Civil Registry Service, the first in Indonesia. Head of Disdukcapil City of Bogor, this Drive Thru service is to carry out instructions from the Mayor of Bogor. In terms of improving population services, this is in accordance with Perwali Number 58 of 2019 concerning Information Technology-Based Population Service Unit Strategies, as well as innovating online services. Disdukcapil's Drive Thru Service Policy has so far been proven to reduce queues by 65%, but there are still obstacles such as a lack of socialization regarding this policy and there are still many people who do not understand technological developments so that some still use offline services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 21 May 2024 02:58
Last Modified: 21 May 2024 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219692
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hassan Abdul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item