Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Skincare)

Aulia, Yunaizza Maida Al and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2023) Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Skincare). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era yang serba digital ini, semakin banyak dan berkembang variasi juga ide ide marketing yang dapat diterapkan pada bisnis, tak terkecuali menggandeng brand ambassador. Maraknya brand skincare membuat para pemilik brand mengunakan strategi ini untuk menarik lebih banyak konsumen yang melakukan pembelian pada produknya. Di Indonesia sedang merebaknya brand produk skincare menggunakan idol Korea sebagai brand ambassador produk mereka. Seperti yang diketahui, menggunakan jasa idol Korea prosesnya tidak mudah dan biaya yang dikeluarkan juga tergolong cukup mahal, namun mereka rela mengeluarkan uang lebih agar dapat menjadikan seorang idol terkenal Korea menjadi brand ambassador produk skincare mereka. Fenomena Korean Wave ini sudah menjadi trend dikalangan para pebisnis guna memanfaatkan strategi marketing. Pada penelitian ini akan membahas tentang pengaruh brand ambassador idol Korea terhadap keputusan pembelian produk skincare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan idol Korea sebagai brand ambassador sebuah produk skincare terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode akuisisi data dipilih pada penelitian ini dengan memanfaatkan kuisioner dan acuan ukuran skala Likert 1 - 5 dengan hasil 3096 dan menggunakan metode olah data pengolahan kuantitatif yaitu dengan metode pembobotan juga perhitungan indeks % guna mendapatkan hasil akhirnya. Penelitian ini mendapatkan data dari 25 responden valid, kemudian data tersebut diolah dengan metode kuantitatif dengan hasil akhir sebanyak 75% yang artinya hasil tersebut ada di kategori setuju. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa menjadikan idol Korea sebagai brand ambassador produk skincare berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan pemberian merchandise idol Korea sebagai brand ambassador produk skincare juga sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Terdapat beberapa kendala yang peneliti lakukan ketika melakukan penelitian ini seperti hanya menggunakan 1 media sosial sebagai media penyebarannya dan pertanyaan yang diajukan banyak cenderung membosankan, sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama juga hasil yang didapatkan kurang maksimal dari segi pertanyaan. Peneliti berharap pada penelitian selanjutnya dengan topik yang sama agar kendala tersebut bisa diminimalisir dan bisa lebih matang dalam menyiapkan pertanyaan juga media penyebaran kuesioner penelitian yang akan dikerjakan.

English Abstract

In this digital era, there are increasing opportunities and evolving marketing ideas that can be implemented in businesses, including collaborating with brand ambassadors. The popularity of skincare brands has led brand owners to utilize this strategy to attract more consumers to purchase their products. In Indonesia, there is a growing trend of skincare brands using Korean idols as brand ambassadors for their products. As known, employing Korean idols is not an easy process, and the costs involved are relatively high. However, brand owners are willing to invest more money to make a famous Korean idol their brand ambassador for skincare products. The Korean Wave phenomenon has become a trend among business owners to leverage marketing strategies. This study aims to examine the influence of Korean idol brand ambassadors on purchasing decisions regarding skincare products. The research objective is to determine the impact of using Korean idols as brand ambassadors for skincare products on consumers' purchasing decisions. The data acquisition method chosen for this study involved questionnaires and a Likert scale ranging from 1 to 5, with a total of 3096 responses. The data was processed using quantitative data processing methods, including weighting and percentage index calculations, to obtain the final results. The study obtained data from 25 valid respondents, which were then analyzed quantitatively. The final result indicated that 75% of the respondents agreed with the statement, meaning that they agreed with the influence of using Korean idols as brand ambassadors for skincare products. Therefore, it can be concluded that employing Korean idols as brand ambassadors for skincare products has an impact on purchasing decisions, and providing merchandise featuring Korean idols as brand ambassadors for skincare products also influences purchasing decisions. There were several limitations faced by the researchers during this study, such as using only one social media platform for distribution and the tendency of the questions to be boring, resulting in longer completion times and suboptimal results in terms of the questions. The researchers hope that in future studies on the same topic, these limitations can be minimized, and better preparation can be made in terms of question formulation and the distribution of research questionnaires.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170588
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Purchase Decision, Korean Wave, Korean Idol, Hallyu-Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, Korean Wave, Idol Korea, Hallyu
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 29 May 2024 04:32
Last Modified: 29 May 2024 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219683
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yunaizza Maida Al Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item