Analisis Penerapan E-Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Menjadi Donatur Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses Kota Depok

Mufidah, Syifa and Raden Rustam Hidayat, Dr. Drs., M.Si (2023) Analisis Penerapan E-Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Menjadi Donatur Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses Kota Depok. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, hingga saat ini ada 113 Lembaga Amil Zakat (LAZ) pada skala nasional hingga skala kabupaten/kota yang mendapatkan izin dari pemerintah dan telah terdaftar di laman website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI. Adanya persaingan antar lembaga dalam mengenalkan programprogramnya kepada masyarakat dengan tujuan mendapatkan donatur baru dan mempertahankan donatur lama dan juga beberapa kasus penyalahgunaan dana Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) oleh beberapa oknum di lembaga amil zakat tentu memicu lembaga untuk lebih tanggap dalam memilih strategi pemasaran yang tepat pada saat ini. Melalui pemasaran dengan menggunakan media elektronik atau disebut dengan E-marketing yang saat ini sedang menjadi trend adalah salah satu upaya dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses Kota Depok untuk memperkenalkan lembaga kepada masyarakat untuk dapat dipercaya sebagai lembaga pengelola dana ZIS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh E-Marketing oleh LAZ Zakat Sukses Kota Depok terhadap pengambilan keputusan menjadi donatur dengan mengetahui macam media E-marketing yang sering diakses oleh donatur dan macam media Emarketing yang dijadikan dasar saat menjadi donatur. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data diambil melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Whatsapp menjadi media e-marketing yang paling sering diakses oleh donatur . Kepercayaan (Trust), kemudahan (Easy to use), dan kualitas informasi (Information quality) menjadi faktor-faktor yang mendasari para donatur untuk berdonasi di LAZ Zakat Sukses Kota Depok. Penting untuk melakukan evaluasi terkait bagaimana efektivitas dari masing-masing media E-marketing yang digunakan lembaga dan juga mengoptimalkan penyajian konten di media social secara terjadwal dan tidak monoton sehingga selalu up to date

English Abstract

In Indonesia, there are currently 113 Lembaga Amil Zakat (LAZ), from national to district/city scale, that have obtained government permits and are registered on the official website of the Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) of the Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) of Indonesia. Competition between institutions to introduce their programs to the public with the aim of gaining new donors and maintaining existing ones , as well as several cases of misuse of Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) funds by certain individuals in amil zakat institution, certainly encourage institutions to be more responsive in choosing the right marketing strategy at this time. Through marketing using electronic media, also known as E-marketing, which is currently a trende, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses Kota Depok is making an effort to introduce the institution to the public as a trustworthy organization that manages ZIS funds. The purpose of this study is to determine the influence of E-Marketing by LAZ Zakat Sukses Kota Depok on the decision-making process of becoming a donor by identifying the types of E-marketing media frequently accessed by donors and the types of E-marketing media used as a basis for becoming a donor. This study used a qualitative descriptive method, and data was collected through observation, interviews, and literature review. The results of the study showed that Whatsapp is the most frequently accessed E-marketing media by donors. Trust, easy of use, and information quality are the factors underlying donors decisions to donate to LAZ Zakat Sukses Kota Depok. It is important to evaluate the effectiveness of each E-marketing media used by the indtituion and to optimize the presentation of content on social media on a schedules basis and avoid monotony to keep it up to date. Keywords : E-marketing, electronic media, donors, zakat amil institut

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170586
Uncontrolled Keywords: E-marketing, media elektronik, donatur, lembaga amil zakat, pemasaran- E-marketing, electronic media, donors, zakat amil institution, marketing
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 May 2024 04:32
Last Modified: 29 May 2024 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219679
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Windaliani Wahyudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item