Komunikasi Instruksional Pengajar dan Santri Tuli dalam Proses Belajar Mengaji di Islamic Blind and Deaf Disability Center

Bagaskara, Dewa (2023) Komunikasi Instruksional Pengajar dan Santri Tuli dalam Proses Belajar Mengaji di Islamic Blind and Deaf Disability Center. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi instruksional menjadi kunci penting untuk memahami dan mengatasi tantangan dalam pembelajaran bagi santri Tuli. Kendala yang dihadapi melibatkan kurangnya pemahaman materi, kurangnya persiapan pengajar, serta perubahan pengajar yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi pengajar Tuli pada kegiatan mengajar mengaji di Islamic Blind and Deaf Disability Center. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan 6 informan yang diambil dengan teknik snowball serta metode pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IBDDC memenuhi fungsi informasi, pendidikan, dan reaksi dalam komunikasi instruksional. Dalam strategi komunikasi instruksional, melibatkan peran komunikator dan pemilihan media komunikasi. Penggunaan bahasa isyarat, pendekatan disesuaikan dengan santri, metode praktek, hiburan, dan bimbingan, serta penjelasan arti dan contoh menjadi bagian dari strategi ini. Pendekatan relasional terlihat dalam cara pengajar menanggapi feedback santri Tuli dan memberikan perhatian khusus terhadap permasalahan, baik di dalam kelas atau di luar kelas belajar, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa para pengajar dari telah menerapkan strategi pengajaran proses penyampaian materi hingga proses evaluasi. Penelitian ini dapat menjadi rujukan dan dikembangkan dalam analisis pengaruh strategi pengajar terhadap tingkat pemahaman santri Tuli dalam proses belajar mengaji.

English Abstract

Instructional communication is an important key to understanding and overcoming challenges in learning for Deaf students. The obstacles faced involve a lack of understanding of the material, lack of teacher preparation, and changes in teachers that can affect learning effectiveness. Therefore, researchers are interested in finding out the strategies of Deaf teachers in teaching the Quran at Islamic Blind and Deaf Disability Center. This study uses a qualitative method. Data collection was carried out with six informants taken using the snowball technique and data collection methods in the form of observation, interviews and documentation. The data will be analyzed by Miles, Huberman and Saldana method. The results of this study indicate that IBDDC fulfills the functions of information, education, and reaction in instructional communication. In instructional communication strategies, it involves the role of the communicator and the selection of communication media. The use of sign language, approaches adapted to students, practical methods, entertainment and guidance, as well as explanations of meanings and examples are part of this strategy. The relational approach can be seen in the way teachers respond to feedback from Deaf students and pay special attention to problems, both in the classroom and outside the classroom, so that it can be concluded that the teachers have implemented teaching strategies from the process of delivering material to the evaluation process. This research can be used as a reference and developed in analyzing the influence of teacher strategies on the level of understanding of Deaf students in the Koran learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 20 May 2024 08:32
Last Modified: 20 May 2024 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219674
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewa Bagaskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item