Hubungan Attachment Terhadap Romantic Jealousy Pada Mahasiswa S1 Yang Menjalin Hubungan Romantis

Putri Adiningrum, Clarista (2024) Hubungan Attachment Terhadap Romantic Jealousy Pada Mahasiswa S1 Yang Menjalin Hubungan Romantis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bentuk dari hubungan romantis yang terjalin ketika menjadi mahasiswa, salah satunya berpacaran. Berpacaran di kalangan mahasiswa diawali dengan kelekatan dan berlanjut pada komitmen dan kepercayaan sehingga menghasilkan sebuah hubungan romantis. Kelekatan yang terjalin dapat memberikan reaksi berupa kecemburuan romantis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara attachment terhadap romantic jealousy pada mahasiswa S1 yang menjalin hubungan romantis. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Responden penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa yang sedang menjalin hubungan berpacaran. Alat ukur dalam penelitian ini adalah The Experiences Close in Relationship-Revised dan Romantic Jealousy-induction. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman rho's, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara attachment terhadap romantic jealousy pada mahasiswa S1 yang menjalin hubungan romantis. Implikasi dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan dapat mengelola dan menjaga kelekatan yang telah dibangun sehingga dapat meminimalisir pengalaman terkait kecemburuan dengan perilaku yang positif, dan dapat saling menunjukkan umpan balik yang setara dalam hal emosi, pikiran, dan perilaku ketika berpacaran.

English Abstract

There are forms of romantic relationships that occur when you are a student, one of which is dating. Dating among students begins with attachment and continues with commitment and trust, resulting in a romantic relationship. The attachment that exists can cause a reaction in the form of romantic jealousy. This research aims to determine the relationship between attachment and romantic jealousy in undergraduate students who are in romantic relationships. This research uses quantitative methods with a correlational approach. The respondents for this research were 150 students who were in a dating relationship. The measuring instruments in this research are The Experiences Close in Relationship-Revised and Romantic Jealousy-Induction. Based on the results of the data analysis carried out using Spearman rho's correlation test, it can be concluded that there is a significant relationship between attachment and romantic jealousy in undergraduate students who are in romantic relationships. This research implies that students are expected to be able to manage and maintain the attachment that has been built so that they can minimize experiences related to jealousy with positive behavior, and can show each other equal feedback in terms of emotions, thoughts, and behavior when dating

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 20 May 2024 08:01
Last Modified: 20 May 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219671
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CLARISTA PUTRI ADININGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item