Politik Media Di Indonesia (Studi Kasus Peran Politik Media Dalam Pemberitaan Media Pinterpolitik.Com, Tirto.Id Dan Asumsi.Co Terkait Isu 3 Periode)

Syahputri Bungsu, Anneke (2024) Politik Media Di Indonesia (Studi Kasus Peran Politik Media Dalam Pemberitaan Media Pinterpolitik.Com, Tirto.Id Dan Asumsi.Co Terkait Isu 3 Periode). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran politik media dalam membahas isu tiga periode. Pada penelitian ini dijelaskan bagaimana framing PinterPolitik.com, Tirto.id dan Asumsi.co dalam penulisan berita terkait isu tiga periode. Peneliti menggunakan teori analisis framing Robert Entman dalam penelitian ini, dimana ada empat tahapan dalam membingkai suatu berita yakni, definisi masalah, penyebab masalah, membuat pilihan moral dan penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan berita dan wawancara sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Penulisan berita pada PinterPolitik.com memenuhi syarat dari framing Robert Entman, tetapi untuk penulisan Tirto.id dan Asumsi.co tidak memenuhi syarat karena kebanyakan hanya memenuhi dua tahapan dalam membingkai suatu berita. Ketiga media ini juga menolak wacana presiden tiga periode dengan menggunakan gaya bahasa berbeda. Dan ketiga media ini menjalankan peran media politik dengan caranya masingmasing.

English Abstract

This research discusses the political role of the media in discussing three period issues. In this research, it is explained how PinterPolitik.com, Tirto.id and Assumption.co are framed in writing news related to three period issues. Researchers use Robert Entman's framing analysis theory in this research, where there are four stages in framing news, namely, definition of the problem, causes of the problem, making moral choices and solving the problem. This research uses qualitative research methods, with news and interviews as the main data sources in this research. News writing on PinterPolitik.com meets Robert Entman's framing requirements, but writing on Tirto.id and Asumsi.co does not meet the requirements because most of them only fulfill two stages in framing a news story. These three media also reject the discourse of a three-term president by using different language styles. And these three media carry out the role of political media in their own ways.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 20 May 2024 07:21
Last Modified: 20 May 2024 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219662
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANNEKE SYAHPUTRI BUNGSU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item