Analisis Komunikasi Brand storytelling Scarlett Whitening dengan Brand Ambassador EXO di TikTok

Rahma Sari, Amelia (2024) Analisis Komunikasi Brand storytelling Scarlett Whitening dengan Brand Ambassador EXO di TikTok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan teknologi di era digital dapat mempengaruhi penggunaan media sosial di masyarakat. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mengembangkan marketing berbasis digital dalam menarik audience dan konsumen. Platform yang kini banyak digunakan masyarakat adalah TikTok. Dengan berbagai fitur yang mempermudah penggunanya untuk memproduksi konten, salah satu brand lokal kecantikan, Scarlett Whitening memanfaatkan platform ini sebagai strategi marketing brand storytelling sekaligus untuk memperkenalkan EXO sebagai brand ambassador barunya dengan menerapkan beberapa elemen storytelling, strategi marketing, serta fiturfitur yang ada dalam TikTok. Di sisi lain, Scarlett Whitening juga menerapkan aspek komunikasi nonverbal berupa simbolisme untuk menyampaikan pesan dan emosi kepada audiencenya. Dari fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana Scarlett Whitening memanfaatkan brand storytelling dalam konten TikTok mereka dengan melibatkan EXO sebagai brand ambassador serta diperkuat dengan elemen brand storytelling yang digunakan dalam membangun narasi atau cerita, seperti pesan, konflik, karakter, serta alur termasuk penggunaan simbolisme pada konten-konten TikToknya. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ada dua, yaitu berupa observasi dan dokumentasi dari sepuluh konten TikTok yang terdiri dari 3 konten TikTok Official Scarlett Whitening dan 7 konten TikTok dari akun pemilik Scarlett Whitening, Felicya Angelista dalam rentang waktu 1 Juni–31 Agustus 2023. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat perbedaan penggunaan narasi brand storytelling antara kedua akun tersebut. Narasi brand storytelling lebih ditemukan pada akun TikTok Felicya Angelista yang menceritakan mengenai proses dibalik acara meet and greet EXO beserta dampak-dampak lain setelah acara itu selesai, seperti naiknya jumlah penjualan Scarlett Whitening hingga memecahkan rekor MURI. Sedangkan pada akun Official Scarlett Whitening lebih memperkenalkan EXO sebagai brand ambassador, melalui simbol-simbol planet, emoji hewan, serta angka punggung yang merepresentasikan setiap member EXO.

English Abstract

The use of technology in the digital era can influence the utilization of social media in society. This is then leveraged by various companies to develop digital marketing strategies aimed at attracting audiences and consumers. One platform widely used by the public is TikTok. With various features facilitating content production, a local beauty brand, Scarlett Whitening, utilizes this platform as a brand storytelling marketing strategy and to introduce EXO as its new brand ambassador by incorporating storytelling elements, marketing strategies, and TikTok features. On the other hand, Scarlett Whitening also integrates nonverbal communication aspects such as symbolism to convey messages and emotions to its audience. From this phenomenon, the author aims to understand how Scarlett Whitening utilizes storytelling in their TikTok content involving EXO as a brand ambassador and the power of storytelling elements used in constructing narratives or stories, including messages, conflicts, characters, and plot, as well as the use of symbolism in their TikTok content. The author employs a qualitative research method with a descriptive approach through data collection consisting of observation and documentation of ten TikTok contents, including 3 Official Scarlett Whitening TikTok contents and 7 TikTok contents from Scarlett Whitening owner's account, Felicya Angelista, within the period from June 1st to August 31st, 2023. The research identifies differences in the use of storytelling narratives between the two accounts. Storytelling narratives are more prominent on Felicya Angelista's TikTok account, which narrates the behind-the-scenes process of the EXO meet and greet event and its aftermath, such as the increase in Scarlett Whitening sales, breaking MURI records. Meanwhile, on the Official Scarlett Whitening account, the focus is more on introducing EXO as a brand ambassador through planet symbols, animal emojis, and back numbers representing each EXO member.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 20 May 2024 06:56
Last Modified: 20 May 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219659
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amelia Rahma Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item