Efektivitas Pengembangan Karakter Anak Melalui Tayangan Televisi ‘Nussa’

Adnani, Siti Abidah Elhanif and Dr.Cand.Andre Perbawa, S.Sos.,S.H.,M.I.Kom.,M.H (2023) Efektivitas Pengembangan Karakter Anak Melalui Tayangan Televisi ‘Nussa’. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Serial animasi episode Nussa dan Rara berjudul "Toleransi" menggali keutamaan empati, pemahaman, dan inklusivitas. Episode ini memberikan banyak keuntungan bagi penonton anak-anak. Terutama, itu mempromosikan pemahaman tentang berbagai agama dan budaya. Apresiasi dan penghormatan terhadap keragaman keyakinan diyakini akan menjadi landasan bagi masyarakat yang lebih toleran dan inklusif. Tindakan Umma, Nussa, dan Rara menjadi sarana bagi anak untuk memperoleh pemahaman tentang pentingnya menunjukkan kepedulian dan memberikan bantuan kepada individu yang membutuhkannya. Episode Nussa dan Rara berfungsi sebagai media untuk menanamkan nilai dan sikap positif di antara anak-anak, berfungsi sebagai sarana bagi orang tua, guru untuk menginisiasi dan berpartisipasi dalam dialog yang signifikan dengan anak-anak terkait konsep toleransi, penerimaan, dan keragaman. Pemanfaatan episode sebagai referensi awal dapat digunakan orang dewasa untuk memulai dialog yang menumbuhkan apresiasi terhadap keragaman dan menumbuhkan kapasitas empati dan pemahaman pada anak-anak. Selain itu, karakter yang dapat diterima dan penceritaan episode yang menarik telah diamati untuk menarik perhatian anak-anak, berpotensi memfasilitasi pemahaman dan internalisasi mereka tentang pelajaran toleransi. Pemanfaatan animasi dalam materi pendidikan untuk memfasilitasi keterlibatan anak-anak dengan karakter dan pengalaman, sehingga menambah pengalaman belajar mereka dan menumbuhkan nilai-nilai positif yang bertahan lama. Manfaat dari episode tersebut diyakini mencakup promosi masyarakat yang lebih toleran dan inklusif, fasilitasi empati dan pengertian, dan penyediaan platform untuk diskusi yang bermakna. Penggabungan nilai-nilai tersebut dalam serial Nussa dan Rara diyakini akan berdampak positif bagi lintasan perkembangan anak dan berpotensi berkontribusi pada terciptanya masa depan yang lebih baik

English Abstract

The animated series episode Nussa and Rara entitled "Tolerance" explores the virtues of empathy, understanding, and inclusivity. This episode provides many benefits for young viewers. Primarily, it promotes understanding of different religions and cultures. Appreciation and respect for the diversity of beliefs is believed to be the basis for a more tolerant and inclusive society. Umma, Nussa, and Rara's actions serve as a means for children to gain an understanding of the importance of showing concern and providing assistance to individuals who need it. Episodes of Nussa and Rara function as media to instill positive values and attitudes among children, serve as a means for parents, teachers to initiate and participate in significant dialogue with children regarding the concepts of tolerance, acceptance and diversity. The use of episodes as an initial reference can be used by adults to initiate dialogue that fosters an appreciation of diversity and develops the capacity for empathy and understanding in children. Additionally, relatable characters and compelling episode storytelling have been observed to hold children's attention, potentially facilitating their understanding and internalization of the lesson of tolerance. Use of animation in educational materials to facilitate children's engagement with characters and experiences, thus enhancing their learning experience and cultivating lasting positive values. The benefits of the episode are believed to include promoting a more tolerant and inclusive society, facilitating empathy and understanding, and providing a platform for meaningful discussion. It is believed that incorporating these values into the Nussa and Rara series will have a positive impact on children's developmental trajectories and have the potential to contribute to the creation of a better future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170581
Uncontrolled Keywords: Nussa dan Rara, Toleransi, Anak, Pendidikan Nussa and Rara, Tolerance, Children, Education
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 May 2024 07:19
Last Modified: 28 May 2024 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219654
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Abidah Elhanif Adnani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item