Penyusunan Laporan Keuangan Entitas Dagang Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak-Emkm) Pada Toko Kue 66 Kota Malang

Widyasari, Ika and San Rudiyanto, SE.,Ak.,MSA.,CA.,CPA.,AAP-B (2021) Penyusunan Laporan Keuangan Entitas Dagang Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak-Emkm) Pada Toko Kue 66 Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pemilik UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang telah berlaku pada 1 Januari 2018. Penelitian ini dilakukan terhadap penulis kepada Toko Kue 66 Kota Malang yang belum menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK-EMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang merupakan studi kasus untuk pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kendala yang terjadi pada Toko Kue 66 Kota Malang dan untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAKEMKM yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Kue 66 Kota Malang memiliki masalah dalam menyusun laporan keuangan, yaitu terbatasnya pemikiran tentang mengelola laporan keuangan dan terbatasnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak memadai dalam menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan berdasarkan SAKEMKM, yaitu Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Kue 66 tidak memiliki laporan keuangan sama sekali, sehingga perlu dilakukan penyusunan laporan keuangan sesuai standar SAK-EMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0521170008
Uncontrolled Keywords: SAK-EMKM, Laporan Keuangan, UMKM
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 May 2024 08:31
Last Modified: 14 Oct 2024 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219600
[thumbnail of Ika Widyasari_unlocked (1).pdf] Text
Ika Widyasari_unlocked (1).pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item