Pengaruh Hambatan Perilaku Terhadap Word of Mouth pada Restoran Mie Pedas di Kota Malang

Sulthoniawati, Galuh and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS and Dr. Ir. Agustina Shinta HW, M.P. (2024) Pengaruh Hambatan Perilaku Terhadap Word of Mouth pada Restoran Mie Pedas di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Restoran merupakan salah satu sektor yang berkontribusi dalam peningkatan laju perekonomian nasional. Berdasarkan Bappenas (2023), sektor restoran dan hotel memiliki pertumbuhan tertinggi pada konsumsi rumah tangga, yaitu dengan laju 6,8% (YoY). Hal ini menunjukkan bahwa dengan konsumsi rumah tangga yang tinggi melalui restoran tersebut akan meningkatkan perekonomian nasional. Namun, tingginya minat masyarakat untuk membeli suatu produk ke restoran, tentu akan menimbulkan keramaian dalam restoran tersebut dan mungkin akan terdapat permasalahan dalam hal pelayanan dan kenyamanan pelanggan di restoran. Jika suatu restoran terdapat suatu keramaian, maka akan dimungkinkan terdapat pelanggan yang merasakan kondisi seperti pengalaman yang tidak menyenangkan, tidak nyaman karena kondisi restoran yang bising, pelayanan yang lama, dan sempitnya ruangan yang tidak sebanding dengan banyaknya orang di ruangan tersebut. Hal tersebut akan membuat konsumen tidak melakukan kembali kunjungan ke tempat tersebut, yang berarti konsumen kurang memiliki keterikatan dengan merek. Keterikatan konsumen dengan suatu produk akan memunculkan niat bagi konsumen untuk melakukan word of mouth.Oleh karena itu, kesesakan yang terlalu tinggi dirasakan konsumen tentu akan berpengaruh pada restoran yaitu tidak terdapat keinginan konsumen untuk kembali melakukan pembelian di restoran dan konsumen potensial yang tidak dapat terjangkau oleh restoran karena rendahnya word of mouth. Namun, Restoran Mie Gacoan di Kota Malang yang merupakan pelopor restoran mie pedas, setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan, walaupun mereka harus mengantre lama untuk dapat menikmati menu di restoran ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kesesakan manusia terhadap brand attachment, (2) menganalisis pengaruh kesesakan spasial terhadap brand attachment,dan (3) menganalisis pengaruh brand attachment terhadap word of mouth. Lokasi penelitian ini yaitu Restoran Mie Gacoan diKota Malang dan waktu penelitian yaitu Agustus hingga Desember 2023. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode penentuan sampel non￾probability sampling dengan teknik judgement atau purposive sampling dengan jumlah responden 120 orang. Metode pengumpulan data yaitu dengan kuesioner, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi WarpPLS versi 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesakan manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand attachment pada restoran Mie Gacoan di Kota Malang, (2) kesesakan spasial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand attachment pada restoran Mie Gacoan di Kota Malang, (3) brand attachment memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth pada restoran Mie Gacoan di Kota Malang. Nilai R-squares pada variabel brand attchment yaitu 0,568, yang berarti bahwa kesesakan manusia dan kesesakan spasial pada restoran Mie Gacoan di Kota Malang memiliki pengaruh terhadap brand attachment sebesar 56,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Kemudian nilai R-squares pada variabel word of mouth yaitu sebesar 0,663, yang berarti brand attachment memiliki pengaruh terhadap word of mouth sebesar 66,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Saran yang dapat diberikan kepada Restoran Mie Gacoan di Kota Malang yaitu penambahan loket antrean untuk mengurangi waktu antrean pelanggan. Selain itu, penambahan fasilitas seperti kipas angin yang menunjang kenyamanan pelanggan juga dapat disarankan, untuk mengantisipasi ruangan yang pengap dan sirkulasi udara buruk karena banyaknya pelanggan. Saran terakhir yaitu meningkatkan kualitas dari segi rasa makanan, mengelola harga yang sesuai, pelayanan yang baik, dan kenyamanan tempat untuk mempertahankan keterikatan pelanggan dan meningkatkan word of mouth yang positif dari pelanggan.

English Abstract

Restaurants are one sector that contributes to increasing the speed of the national economy. Based on Bappenas (2023), the restaurant and hotel sector has the highest growth in household consumption, namely at a rate of 6,8% (YoY). This shows that high household consumption through restaurants will improve the national economy. However, the high level of public interest in buying a product at a restaurant will certainly cause crowds in the restaurant and there may be problems in terms of customer service and comfort at the restaurant. If a restaurant has a crowd, it is possible that there will be customers who experience conditions such as an unpleasant experience, uncomfortable because the restaurant is noisy, service takes a long time, and the smallness of the room is disproportionate to the number of people in the room. This will make consumers not make repeat visits to that place, which means consumers lack brand ownership. Consumer attachment to a product will give rise to consumers' intention to use word of mouth. Therefore, excessive crowding felt by consumers will certainly affect restaurants, namely the lack of desire of consumers to return to making purchases at restaurants and potential consumers who cannot be reached by them. restaurants due to low word of mouth. However, the Gacoan Noodle Restaurant in Malang City, which is a pioneer of spicy noodle restaurants, is always busy with customers every day, even though they have to queue for a long time to be able to enjoy the menu at this restaurant. This research aims to (1) analyze the influence of human crowding on brand attachment, (2) analyze the influence of spatial crowding on brand attachment, and (3) analyze the influence of brand attachment on word of mouth. The location of this research is the Gacoan Noodle Restaurant in Malang City and the research time is August to December 2023. This research was conducted using a quantitative approach and a non-probability sampling method using judgment or purposive sampling techniques with a total of 120 respondents. The data collection method is a questionnaire, the data analysis technique used is descriptive statistical analysis and SEM-PLS using the WarpPLS version 8.0 application. The research results show that (1) human crowding has a positive and significant influence on brand attachment at Mie Gacoan restaurants in Malang City, (2) spatial crowding has a positive and significant influence on brand attachment at Mie Gacoan restaurants in Malang City, (3) brand Attachment has a positive influence on word of mouth at Mie Gacoan restaurants in Malang City. The R￾squares value for the brand attachment variable is 0.568, which means that human crowding and spatial crowding at the Mie Gacoan restaurant in Malang City have an influence on brand attachment of 56.8% and its dependence is influenced by other variables outside the research model. Then the R-squares value for the word of mouth variable is 0.663, which means brand attachment has an influence on word of mouth of 66.3% and the rest is influenced by other variables outside the model. Suggestions that can be given to the Gacoan Noodle Restaurant in Malang City are adding queue counters to reduce customer queue times. Apart from that, additional facilities such as fans that support customer comfort can also be recommended, to anticipate stuffy rooms and poor air circulation due to the large number of customers. The final suggestion is to improve quality in terms of food taste, manage appropriate prices, good service, and comfort of place to retain customers and increase positive word of mouth from customers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040292
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:02
Last Modified: 03 Jun 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219560
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Galuh Sulthoniawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item