Prasetyamurti, Anamaya Kinabulan and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS. and Heptari Elita Dewi, SP., MP (2024) Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Platform Kecipir.com, Tangerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan era saat ini diiringi dengan peningkatan kualitas teknologi yang semakin canggih. Hal tersebut menciptakan teknologi yang sedang marak digunakan yaitu internet yang memudahkan manusia dalam banyak hal, salah satunya yaitu memasarkan produk atau merek yang bisa disebut dengan marketing 4.0. Dalam marketing 4.0, terdapat digital marketing yang dianggap Sebagai media terbaik dalam melakukan promosi menjadi lebih efektif dan efisien serta mampu meningkatkan penjualan. Digital marketing dapat bekerja lebih baik jika dibantu dengan media sosial atau yang bisa disebut dengan pemasaran media sosial. Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk menerapkan pemasaran media sosial bagi suatu merek. Melalui instagram, secara tidak langsung konsumen akan menentukan sebuah citra suatu merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian, menganalisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap citra merek, menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, dan menganalisis apakah citra merek dapat memediasi hubungan antara pemasaran media sosial dengan keputusan pembelian pada platform Kecipir.com. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 – Februari 2024 di area JABODETABEK. Metode penentuan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yakni sebanyak 88 responden yang ditenteukan oleh pendekatan Cohen. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan alat analisis SEM-PLS dan bantuan software Smart PLS 4.0 dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pemasaran media sosial juga berpengaruh positif terhadap citra merek. Selain itu, citra merek juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Begitu pula pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang telah dimediasi oleh citra merek. Adapun saran pada penelitian ini yang dapat diberikan kepada Kecipir.com yakni dapat menambah variasi jenis konten yang interaktif, lebih responsif dalam menanggapi followers, serta meningkatkan efektivitas penggunaan media sosial yang dapat menonjolkan ciri khas atau keunggulan perusahaan. Selain itu, adapun saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat memperhatikan indikator lain yang dapat memperkuat pemasaran media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian, serta melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi citra merek platform Kecipir.com.
English Abstract
The development of the current era is accompanied by an increase in the quality of technology that is increasingly sophisticated. This creates a technology that is being widely used, namely the internet, which makes it easier for humans in many ways, one of which is marketing products or brands which can be called marketing 4.0. In marketing 4.0, there is digital marketing which is considered the best media in making promotions more effective and efficient and able to increase sales. Digital marketing can work better if assisted by social media or what can be called social media marketing. Instagram is one of the social media that is widely used to implement social media marketing for a brand. Through Instagram, consumers will indirectly determine a brand image of a brand. The purpose of this study is to analyze the effect of social media marketing on purchase decision, analyze the effect of social media marketing on brand image, analyze the effect of brand image on purchase decision, and analyze whether brand image can mediate the relationship between social media marketing and purchase decision on Kecipir.com. This research was conducted in December 2023 - February 2024 in the JABODETABEK area. The method of determining the sample was carried out using non-probability sampling with purposive sampling technique. The number of samples used was 88 respondents determined by Cohen's approach. Data were collected using a questionnaire and analyzed using SEM-PLS analysis tools and Smart PLS 4.0 software assistance in analyzing the data that had been collected. The results showed that social media marketing variable has a positive influence on purchase decisions. Social media marketing also has a positive effect on brand image. In addition, brand image also has a positive influence on purchase decision. Likewise, social media marketing has a positive effect on purchase decision that have been mediated by brand image. The suggestions in this study that can be given to Kecipir.com are to add a variety of interactive content types, be more responsive in responding to followers, and increase the effectiveness of using social media that can highlight the characteristics or advantages of the company. In addition, as for suggestions for future researchers, namely being able to pay attention to other indicators that can strengthen social media marketing and brand image on purchase decision, and conduct further research on what factors can affect the brand image of the Kecipir.com platform.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524040280 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Media Sosial, Keputusan Pembelian, Citra Merek, E Commerce |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:35 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219460 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anamaya Kinabulan Prasetyamurti.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |