Analisis Pengaruh Environmental Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention pada Sustain Story Bulk Store

Yusril Dioprianto N. Sulistio, Muh. (2023) Analisis Pengaruh Environmental Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention pada Sustain Story Bulk Store. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan lingkungan menjadi banyak sorotan bagi warga lintas negara, begitupula dengan Indonesia. Tingginya pola konsumsi masyarakat Indonesia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Oleh karena tingginya pola konsumsi dan perhatian masyarakat terkait permasalahan lingkungan sehingga diperlukan ekosistem bisnis lestari untuk meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk hijau. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh environmental knowledge dan brand image terhadap purchase intention pada Sustain Story Bulk Store. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah sebanyak 110 responden dengan ketentuan mengetahui Sustain Story Bulk Store, memiliki environmental knowledge yang baik atau mengikuti perkembangan isu lingkungan yang terjadi khususnya di Indonesia, serta sudah pernah berbelanja produk ramah lingkungan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa (1) variabel environmental knowledge memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel purchase intention, (2) variabel brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel purchase intention. Sehingga dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel environmental knowledge dan brand image mampu mempengaruhi purchase intention konsumen untuk membeli produk ramah lingkungan pada Sustain Story Bulk Store.

English Abstract

Environmental problems are issues for international communities, including Indonesians. The high consumption of Indonesian people has made the country one of the largest contributors of plastic waste. Due to the high consumption pattern and people’s attention to environmental issues, a sustainable business ecosystem is needed in order to increase people’s purchasing intention to green products. This research was conducted to identify the effects of environmental knowledge and brand image on people’s intention to purchase the products of Sustain Story Bulk Store. This explanatory research explains the relationship between the research variables through hypothesis testing. Using non-probability sampling method and purposive sampling technique, 100 people who know about the store, who have good knowledge about environmental issues in Indonesia or follow their progress, and have the experience of purchasing green products were selected as the sample. The research data was analyzed using Partial Least Squares (PLS) in SmartPLS 3.0. the results of the hypothesis testing indicate that (1) environmental knowledge positively and significantly influences the purchase intention and (2) that brand image positively and significantly affects the purchase intention. Therefore, it can be concluded that environmental knowledge and brand image are able to influence consumers’ intention to purchase green products from Sustain Story Bulk Store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052302
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 17 May 2024 03:30
Last Modified: 17 May 2024 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219453
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muh. Yusril Dioprianto N. Sulistio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item