Strategi Monitoring Media Cetak Di Humas Universitas Brawijaya Dalam Mengelola Citra

Oktaviani, Nissa and Dr. Nur Ambulani, S.E.,M.Si (2023) Strategi Monitoring Media Cetak Di Humas Universitas Brawijaya Dalam Mengelola Citra. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Humas Universitas Brawijaya berperan penting dalam mengelola citra lembaga. Untuk dapat mengelola citra dengan baik, maka perlu untuk penyusun strategi. Dalam strateginya, humas Universitas Brawijaya menggunakan media monitoring dalam mencegah tersebarnya berita buruk yang menyebabkan opini publik menjadi negatif terhadap lembaga. Sebagai contohnya berita buruk yang mempengaruhi citra lembaga, yaitu ketika kasus mahasiswa Universitas Brawijaya yang terlibat ISIS pada tahun lalu 2022. Oleh karena itu, metode penelitian dalam penyusunan Tugas Akhir ini yaitu dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Tahapan strategi yang dilakukan Humas Universitas Brawijaya, berdasarkan proses tahapan strategi Humas menurut Cutlip and Center, yaitu analisis riset, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam keempat tahapan strategi tersebut, Humas Universitas Brawijaya melewati tahap analisis riset dan tahap evaluasi, dimana tahapan ini seharusnya dilakukan Humas Universitas Brawijaya untuk dapat mengelola citra lembaga. Hal ini didasari dengan pernyataan narasumber yang menyebutkan bahwa Humas Universitas Brawijaya tidak melakukan riset dan evaluasi.

English Abstract

Universitas Brawijaya Public Relations plays an important role in maintaining the image of the institution. To be able to manage the image well, it is necessary to develop a strategy. In its strategy, UB's public relations uses media monitoring in preventing the spread of bad news which causes negative public opinion towards the institution. As an example of bad news that affects the image of the institution, namely the case of UB students who were involved in ISIS in 2022. Therefore, the research method in preparing this Final Project uses a qualitative method approach. The stages of the strategy carried out by the Public Relations of Brawijaya University are based on the process of the stages of the Public Relations strategy according to Cutlip and Center, namely research analysis, planning, implementation, and evaluation. In the four stages of the strategy, Universitas Brawijaya Public Relations goes through the research analysis stage and the evaluation stage, where these stages must be carried out by Universitas Brawijaya Public Relations to be able to manage the institution's image. This is based on the information from sources who stated that Public Relations of Universitas Brawijaya did not conduct research and evaluation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170550
Uncontrolled Keywords: Strategi, Citra , Humas, monitoring-Strategy, Image, Public Relations, Monitoring
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2024 02:46
Last Modified: 22 May 2024 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219398
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nissa Oktaviani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item