Pengaruh Iklan Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Mahasiswa Melalui Marketplace di Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Burhanudin, Mohammad and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2023) Pengaruh Iklan Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Mahasiswa Melalui Marketplace di Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Brawijaya). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Salah satu contohnya ialah penggunaan internet. Tercatat pada tahun 2020, penggunaan internet mencapai 78,18% dari total jumlah penduduk Indonesia. Hal ini juga berdampak pada kebutuhan masyarakat yang beralih ke situs-situs e-commerce untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia terdapat berbagai macam platform marketplace diantaranya, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami, Ralali, Bhinneka, JD.ID, dan Zalora. Pada tahun 2021, Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce yang memiliki jumlah pengunjung tertinggi. Salah satu pemicunya ialah adanya iklan gratis ongkir pada platform marketplace. Iklan gratis ongkir adalah salah satu bentuk promosi yang menawarkan gratis pengiriman kepada pembeli dengan tujuan untuk menarik minat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iklan gratis ongkir terhadap minat beli mahasiswa melalui platform marketplace yang ada di Indonesia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala likert 1 – 5 dengan jumah target responden sebanyak 100 mahasiswa Universitas Brawijaya. Batasan dalam penelitian ini adalah iklan gratis ongkir yang ditayangkan pada marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami, Ralali, Bhinneka, JD.ID, dan Zalora Penelitian ini diawali dengan pembagian kuesioner yang tercatat dari tanggal 10 Mei 2022 – 13 November 2023. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Iklan gratis ongkir mempengaruhi minat beli mahasiswa sebesar 74%, (2) Marketplace shopee merupakan marketplace yang paling diminati dengan adanya iklan gratis ongkir sebanyak 95 pengguna.

English Abstract

Technological development is rapidly advancing. One example of this is the use of the internet. In 2020, internet usage reached 78.18% of the total population in Indonesia. This also has an impact on the needs of the society, which have shifted to e-commerce websites to fulfill their daily needs. In Indonesia, there are various e-commerce marketplace platforms, including Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami, Ralali, Bhinneka, JD.ID, and Zalora. In 2021, Tokopedia became one of the e-commerce platforms with the highest number of visitors. One of the contributing factors is the availability of free shipping advertisements on the marketplace platform. Free shipping advertisements are a form of promotion that offers free delivery to buyers with the aim of attracting consumer purchases. Therefore, this study aims to determine the extent of the influence of free shipping advertisements on the purchase intention of students through the existing marketplace platforms in Indonesia. The scale used in this study is a Likert scale ranging from 1 to 5, with a target of 100 respondents from Brawijaya University. The limitation of this study is the free shipping advertisements displayed on the Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami, Ralali, Bhinneka, JD.ID, and Zalora marketplaces. This research began with the distribution of questionnaires recorded from May 10, 2022, to November 13, 2023. The research findings revealed that: (1) Free shipping advertisements influence students' purchase intention by 74%, (2) Shopee is the most popular marketplace with free shipping advertisements, attracting 95 users.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170539
Uncontrolled Keywords: the usage of internet, marketplace platform, free shipping advertisement, buying interest.penggunaan internet, platform marketplace, iklan gratis ongkir, minat beli.
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 May 2024 07:38
Last Modified: 21 May 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219376
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Burhanudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item