Evaluasi Akun Instagram @jawaposradarmalang Sebagai Media Komunikasi

Luliana, Maya Shofi and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom (2023) Evaluasi Akun Instagram @jawaposradarmalang Sebagai Media Komunikasi. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan komunikasi massa melahirkan media sosial sebagai produk digital guna membantu manusia dalam beraktivitas. Beragam media sosial dengan tiap fungsinya dapat menjadi sebuah alternatif yang efisien bila penggunaannya tepat. Pengguna sosial media tidak terbatas individu, melainkan juga kelompok tidak terkecuali lembaga media informasi yang merupakan salah satu bentuk dari efek media massa. Tidak terkecuali Jawa Pos Radar Malang. Penggunaan media sosial sebagai media komunikasi massa dapat dirasakan manfaatnya jika penggunaanya dilakukan secara maksimal. Pemaksimalan penggunaan platform ini tentu dibutuhkan strategi komunikasi yang terencana dan tersistem. Jawa Pos Radar Malang Memanfaatkan adanya aplikasi Instagram sebagai salah satu media komunikasi kepada publik. Namun Penggunaannya yang masih belum maksimal mengakibatkan manfaat dari aplikasi ini sendiri tidak memberikan dampak yang signifikan pada lembaga. Survei menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) sebagai landasan teori. Hasil dari survei kuisioner yang dibagikan pada responden pengikut menunjukkan bahwa akun @jawaposradarmalang kurang melakukan interaksi dengan pengikutnya dan belum memaksimalkan penggunaan aplikasi Instgram sehingga perkembangan akun @jawaposradarmalang kurang begitu baik.

English Abstract

The development of mass communication gave birth to social media as a digital product to help humans in their activities. Various social media with each function can be an efficient alternative if used properly. Social media users are not limited to individuals, but also groups, including information media institutions which are one form of mass media effects. Jawa Pos Radar Malang is no exception. The use of social media as a medium of mass communication can be felt if its use is carried out optimally. Maximizing the use of this platform certainly requires a planned and systematic communication strategy. Jawa Pos Radar Malang Utilizing the Instagram application as one of the communication media to the public. However, its use which is still not optimal results in the benefits of this application itself does not have a significant impact on the institution. The survey uses AIDA theory (Attention, Interest, Desire, and Action) as a theoretical foundation. The results of the questionnaire survey distributed to follower respondents showed that @jawaposradarmalang accounts had less interaction with their followers and had not maximized the use of the Instgram application so that the development of @jawaposradarmalang accounts was not so good.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170536
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Media Sosial Instagram, Media Komunikasi, teori-Mass Media, Instagram Social Media, Communication Media.
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 May 2024 06:38
Last Modified: 21 May 2024 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219373
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maya Shofi Luliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item