Isnaini, Luthfiyah and Bayu Sutawijaya, S.Kom., M.Kom (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pembuatan Surat Desa Mangkujajar Berbasis Website. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kantor Desa Mangkujajar merupakan salah satu instansi sebagai wadah untuk pelayanan publik, salah satu contohnya dalam pelayanan pembuatan surat. Pelayanan surat-menyurat yang ada di kantor Desa Mangkujajar belum menggunakan sebuah sistem komputer melainkan masih menggunakan cara konvensional. Dimana petugas melakukan pencatatan data ke dalam buku kemudian memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Sehingga pada prosesnya dirasa masih kurang efektif dan kurang efisien dalam segi waktu. Selain itu berakibat format surat menjadi berubah-ubah serta rawan terhadap keakuratan laporan pencatatan data surat yang telah dibuat. Hal tersebut terjadi karena tidak ada sebuah sistem yang dapat mempermudah pegawai dalam hal pengelolaan pelayanan data surat kepada masyarakat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem informasi pelayanan pembuatan surat desa berbasis web dengan menggunakan framework Laravel versi 10. Perancangan dan pembuatan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall. Sistem ini dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML), database menggunakan MySQL, serta menggunakan Visual Studio Code sebagai text editor. Sistem informasi pelayanan pembuatan surat desa dibangun bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan dengan menggantikan proses manual yang lambat dan rentan terhadap kesalahan serta mempermudah dalam pengelolaan laporan surat.
English Abstract
The Mangkujajar Village Office is one of the institutions as a forum for public services, one example is in the service of making letters. The correspondence service at the Mangkujajar Village office does not yet use a computer system but still uses conventional methods. Where officers record data into books and then enter the data into Microsoft Word and Microsoft Excel applications. So that the process is still less effective and less efficient in terms of time. In addition, it results in the letter format being changeable and vulnerable to the accuracy of the letter data recording reports that have been made. This happens because there is no system that can make it easier for employees in terms of managing letter data services to the public. The solution to this problem is to create a web-based village letter writing service information system using the Laravel version 10 framework. The design and manufacture of this information system uses the waterfall method. This system is designed using the Unified Modeling Language (UML), the database uses MySQL, and uses Visual Studio Code as a text editor. The village letter writing service information system was built with the aim of increasing efficiency and quality of service by replacing manual processes which are slow and prone to errors as well as facilitating the management of letter reports.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170534 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Pembuatan Surat, Framework Laravel, UML dan MySQL-Writing Services, Laravel Framework, UML and MySQL |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:38 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219371 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Luthfiyah Isnaini.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |