Analisis Faktor - Faktor Kualitas Pelayanan Tingkat Hunian Kamar Pada Tahun 2020 - 2022 (Studi Kasus : The Trans Luxury Hotel Bandung)

Berlianni, Gera and Prof. Dr. Drs. Muhammad Saifi, M. Si. and Deasy Chrisnia Natalia, SE., MM. (2023) Analisis Faktor - Faktor Kualitas Pelayanan Tingkat Hunian Kamar Pada Tahun 2020 - 2022 (Studi Kasus : The Trans Luxury Hotel Bandung). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The Trans Luxury Hotel Bandung mengalami fluktuasi dalam tingkat hunian kamar pada tahun 2020 – 2022. Pelayanan yang diberikan oleh setiap departemen di The Trans Luxury Hotel Bandung berpengaruh pada peningkatan atau penurunan tingkat hunian kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan tentang kualitas pelayanan berdasarkan dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati apakah sudah berjalan dengan baik atau membutuhkan perbaikan untuk bisa menstabilkan tingkat hunian kamar. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan lima faktor kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empaty dapat meningkatkan tingkat hunian kamar The Trans Luxury Hotel Bandung. The Trans Luxury Hotel Bandung sebaiknya melakukan perbaikan dalam aspek reliabilitas, responsivitas, dan jaminan pelayanan yang masih perlu ditingkatkan, sambil tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang baik dalam aspek empati, sehingga dapat meningkatkan pengalaman tamu, memperkuat reputasi mereka, dan mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi yang akan berakibat pada naiknya tingkat hunian kamar.

English Abstract

The Trans Luxury Hotel Bandung has experienced fluctuations in room occupancy level in 2020–2022. The services provided by each department at the Trans Luxury Hotel Bandung have an effect on increasing or decreasing room occupancy level. This study aims to identify, describe, and explain the quality of service based on the dimensions of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, whether it is running well or requires improvement to stabilize room occupancy level. The type of research used by researchers is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and literature studies. The results of the study show that five factors of service quality, namely tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, which affect the room occupancy level of The Trans Luxury Hotel Bandung. The Trans Luxury Hotel Bandung should make improvements in the aspects of reliability, responsiveness, and service assurance that still need improvement while maintaining good service quality in the aspect of empathy, so as to enhance the guest experience, strengthen their reputation, and achieve a higher level of customer satisfaction, which will result in an increase in room occupancy level.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170526
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 May 2024 03:29
Last Modified: 21 May 2024 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219320
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gera Berlianni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item