Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Artificial Intelligence Merek Enzim Terhadap Sikap Dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Simanungkalit, Catherina and Fitri Hariana Oktaviani, SS., SE., M.Commun., Ph.D (2024) Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Artificial Intelligence Merek Enzim Terhadap Sikap Dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Enzim merupakan merek pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai brand ambassador untuk mempromosikan gagasan serta meningkatkan pemahaman audiens mengenai informasi tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, kredibilitas brand ambassador AI masih belum teruji karena belum ada penelitian yang mengeksplorasi di bidang ini. Mengingat pentingnya kredibilitas sumber terutama dalam menyampaikan informasi kesehatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas brand ambassador AI merek Enzim terhadap sikap dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dianalisis menggunakan teori kredibilitas sumber dalam model social media influencer value. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah pengikut akun media sosial Instagram Enzim Indonesia dengan sampel sebanyak 100 responden melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara brand ambassador AI merek Enzim terhadap sikap dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dibuktikan dengan hasil nilai t hitung 11,046 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai regresi yang ditunjukkan dengan nilai R Square 0,245 mengandung pengertian bahwa brand ambassador AI merek Enzim memiliki pengaruh sebesar 24.5% terhadap sikap dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selanjutnya, temuan ini tidak hanya menegaskan keberhasilan inovasi merek Enzim yang pertama kali menggunakan brand ambassador AI di Indonesia, tetapi juga memvalidasi prinsip-prinsip yang mendasari teori kredibilitas sumber dalam bidang brand ambassador AI.

English Abstract

Enzim is the first brand in Indonesia to use artificial intelligence (AI) technology as a brand ambassador for promoting ideas and enhancing audience understanding of oral health. However, despite its novel approach, the credibility of AI brand ambassadors has not been examined due to a lack of research in this area. Given the paramount importance of source credibility in disseminating health information, this study aims to examine the influence of the credibility of Enzim's AI brand ambassador on attitudes toward maintaining oral health. Employing source credibility theory in social media influencer value model, this quantitative research surveyed 100 Instagram followers of Enzim Indonesia, selected through purposive sampling. The analysis, conducted through simple linear regression, revealed a positive influence between the credibility of Enzim's AI brand ambassador on attitudes towards maintaining oral health (t = 11.046, p < 0.05). The regression analysis further demonstrated that Enzim's AI brand ambassador has a 24.5% influence on attitudes toward maintaining oral health. These findings not only affirm the efficacy of Enzim's innovative approach but also validate the underlying principles of source credibility theory within the realm of AI brand ambassador

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110049
Uncontrolled Keywords: Brand ambassador, Artificial Intelligence (AI), Sikap Brand ambassador, Artificial Intelligence (AI), Attitudes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 May 2024 08:09
Last Modified: 20 May 2024 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Catherina Simanungkalit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item