Analisis Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi pada SMPN 1 Madiun, Jawa Timur)

Hartini, Pri and Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani, MS. and Dr. Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I., M.Pd. (2024) Analisis Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi pada SMPN 1 Madiun, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepala sekolah sebagai seorang pimpinan tertinggi di sekolah berhak dijabat oleh seorang laki-laki atau perempuan. Beberapa penelitian sebelumnya menyiratkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah perempuan dinilai mampu meningkatkan kinerja guru. Di mana kinerja guru ini merupakan salah satu faktor penunjang peningkatan kualitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi jenis gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala SMPN 1 Madiun, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMPN 1 Madiun, (3) Mengetahui dan menganalisis peran gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru SMPN 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala SMPN 1 Madiun adalah gaya kepemimpinan transformasional, (2) Terdapat faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kinerja guru di SMPN 1 Madiun, (3) Peran gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Madiun terdiri dari peranan menunjukkan keteladanan, menumbuhkan kepercayaan, memotivasi guru, menginpirasi visi dan misi sekolah, mendorong dan memberikan ruang bagi guru untuk kreatif dan inovatif, memahami karakteristik guru, memberdayakan guru, dan mendelegasikan tugas kepada guru. Peran-peran dari gaya kepemimpinnan transformasional kepala sekolah perempuan tersebut dinilai mampu meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Madiun.

English Abstract

The principal as the highest leader in the school has the right to be held by a man or woman. Some previous studies imply that the leadership of female principals is considered capable of improving teacher performance. Where teacher performance is one of the factors supporting the improvement of school quality. The objectives of this study are to: (1) Identify the type of leadership style applied by the head of SMPN 1 Madiun, (2) Know the factors that influence the performance of teachers of SMPN 1 Madiun, (3) Know and analyze the role of the leadership style of female principals in improving the performance of teachers of SMPN 1 Madiun. This research uses a descriptive qualitative approach. The results of this study state that: (1) The leadership style applied by the head of SMPN 1 Madiun is transformational leadership style, (2) There are external and internal factors that affect teacher performance at SMPN 1 Madiun, (3) The role of the principal's transformational leadership style in improving teacher performance at SMPN 1 Madiun consists of the role of showing exemplary, fostering trust, motivating teachers, inspiring the vision and mission of the school, encouraging and providing space for teachers to be creative and innovative, understanding teacher characteristics, empowering teachers, and delegating tasks to teachers. The roles of the female principal's transformational leadership style are considered capable of improving teacher performance at SMPN 1 Madiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030100
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Perempuan, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Peningkatan Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 May 2024 06:50
Last Modified: 27 May 2024 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219229
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pri Hartini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item