Pengaruh Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021 – 2022)

Tianingrum, Putri Andriany Agus and Dr. Drs. Roekhudin, M.Si., Ak., CSRS., CA (2024) Pengaruh Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021 – 2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh luas pengungkapan Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2022. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan metode penentuan sampel purposive sampling dan kemudian diperoleh 50 buah sampel yang memenuhi kriteria. Variabel luas pengungkapan CSR diukur berdasarkan item indikator Global Reporting Initiative Standards 2016, variabel profitabilitas diproksikan dengan Return on Equity (ROE), sedangkan variabel nilai perusahaan diproksikan dengan Tobin’s Q. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel luas pengungkapan CSR secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel profitabilitas secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Serta variabel luas pengungkapan CSR dan profitabilitas secara simultan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

English Abstract

This research aims to examine the effect of extensive of disclosure of Corporate Social Responsibility and profitability on the firm value of manufacturing food and beverage industry sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2021-2022. The method used in this research is multiple linear regression analysis with a purposive sampling method and then obtained 50 samples that according to the criteria. The CSR disclosure variable is measured based on the 2016 Global Reporting Initiative Standards indicator items, the profitability variable is proxied by Return on Equity (ROE), while the firm value variable is proxied by Tobin’s Q. The results of this research show that the CSR disclosure variable partially has no positive effect on firm value, while the profitability variable partially has a positive effect on firm value. And the variable of CSR disclosure and profitability simultaneously has a positive effect on firm value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020047
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Profitabilitas; Nilai Perusahaan; Return on Equity; Tobin’s Q
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 May 2024 08:24
Last Modified: 22 May 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219203
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Andriany Agus Tianingrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item