Pengaruh Kredibilitas Streamer, Interaktivitas, Pengalaman Imersi Dan Telepresensi Terhadap Niat Membeli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Layanan Belanja Live Streami

Muthmainna, - and Taufiq Ismail, S.S., S.E., M.M. (2023) Pengaruh Kredibilitas Streamer, Interaktivitas, Pengalaman Imersi Dan Telepresensi Terhadap Niat Membeli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Layanan Belanja Live Streami. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh dari empat atribut live streaming shopping terhadap keinginan membeli pada konsumen pengguna layanan TikTok live streaming shopping di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dalam memediasi hubungan antara atribut live streaming shopping terhadap keinginan membeli dengan mengaplikasikan framework SOR. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner online oleh 439 responden yang pernah melakukan pembelian melalui platform TikTok dalam 6 bulan terakhir. Selanjutnya, digunakan metode SEM-PLS dengan software SmartPLS untuk menganalisis data temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari variabel kepercayaan dalam memprediksi keinginan membeli konsumen online. Di samping itu, hasil ini juga menunjukkan bahwa imersi dan telepresensi menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap keinginan membeli, sedangkan kredibilitas streamer dan interaktivitas menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap keinginan membeli. Penelitian ini juga mengkonfirmasi peran trust dalam memediasi keempat atribut live streaming shopping (kredibilitas streamer, interaktivitas, imersi dan telepresensi) terhadap keinginan membeli. Secara teoritis, penelitian ini memperluas temuan dari penelitian sebelumnya dengan mengembangkan peran variabel kepercayaan sebagai mediator antara keempat atribut live streaming shopping terhadap keinginan membeli dengan memberikan pandangan baru dan temuan yang berbeda dari penelitian sebelumnya.

English Abstract

The main objective of this research is to investigate the effects of the four attributes of live streaming shopping on the purchase intention of TikTok live streaming shopping service users in Indonesia. Further, this study also aims to identify the effect of trust in mediating the relationship between the live streaming shopping’s attributes and purchase intention by applying the SOE framework. The data was harvested via online questionnaires completed by 439 respondents who have made any purchase from the platform within the last six months and was analyzed using PLS-SEM in SmartPLS. This study finds significant impacts of trust in predicting the intention of consumers to make online purchases. Further, immersion and telepresence were found to have positive and significant impacts on the purchase intention, while streamer’s credibility and interactivity pose insignificant effects on the said intention. This research also confirms the rile of trust in mediating the effect of the four attributes of live streaming shopping, i.e., streamer’s credibility, interactivity, immersion, and telepresence, on the purchase intention. These findings expand the results of past studies by developing the role of trust as the mediator for the influence of the four attributes of live streaming shopping on purchase intention by providing new views and findings different from earlier studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052302
Uncontrolled Keywords: Live Streaming Shopping, Kepercayaan, Niat Membeli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 May 2024 07:33
Last Modified: 21 May 2024 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219193
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muthmainna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item