Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Customer Retention Dengan Purchase Decision Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Somethinc Di Indonesia)

Tantika, Kannivali and Safarudin Hisyam Tualeka, S.Tr.Kom., MAB (2023) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Customer Retention Dengan Purchase Decision Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Somethinc Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari electronic word of mouth terhadap customer retention melalui purchase decision sebagai mediasi pada konsumen Somethinc di Indonesia. Berkembangnya industri skincare di Indonesia membuat semakin banyak brand yang masuk dan menawarkan produknya sehingga terjadilah persaingan antar brand. Pemasaran yang paling efektif untuk digunakan saat ini adalah dengan memanfaatkan saluran pemasaran digital yaitu media sosial. Semakin banyaknya konsumen skincare yang menggunakan media sosial dan berbagi informasi atau pendapat mendorong terjadinya electronic word of mouth, yang mana cukup efektif digunakan dalam mempengaruhi perilaku konsumen pada suatu merek seperti pembelian dan retensi konsumen. Oleh karena itu brand Somethinc perlu memperhatikan produk dan pelayanannya agar bisa menjaga retensi konsumennya sehingga tidak beralih ke brand lain. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui cara membangun customer retention pada brand Somethinc melalui electronic word of mouth dan juga purchase decision. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Total sampel yang digunakan sebanyak 150 responden yang merupakan pengguna skincare Somethinc. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan inferensial menggunakan analisis SEM PLS yang diolah menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh baik secara langsung maupun dengan mediasi dari purchase decision terhadap customer retention.

English Abstract

This study aims to analyze the impact of electronic word of mouth on customer retention considering purchase decision as a mediator on Somethinc consumer in Indonesia. The development of skincare industry in Indonesia is making more and more brands to come and offer their products, resulting in business competition between brands. The most effective marketing activity these days is utilizing digital marketing channel such as social media. There are a lot of skincare’s consumer who use social media and likely to share information or opinion which can encouraging electronic word of mouth, which very effective to influence consumer behavior on brand such as purchase behavior and customer retention. Therefore Somethinc needs to pay attention to the products and services in order to maintain customer retention and not affected by other brand. This research also conducted to find out how to get customer retention on Somethinc throught electronic word of mouth and purchase decision. This research uses a quantitative approach with purposive sampling method. The total sample size is 150 respondents who use Somethinc’s skincare. Data analysis used in this research is descriptive and inferential statistical analysis using SEM PLS with Smart PLS 3.0 software. The result od this study indicate that electronic word of mouth has an influence both directly and through the mediation of purchase decision on customer retention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030002
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Customer Retention, Purchase Decision
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 May 2024 08:19
Last Modified: 22 May 2024 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219179
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KANNIVALI TANTIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item