Perancangan identitas visual”Kaligrafi Minang”

Qolbi.R, Azzukhruf and Dimas Fakhruddin, S.ST., M.Ds. (2023) Perancangan identitas visual”Kaligrafi Minang”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kaligrafi Minang ini telah mengerjakan banyak proyek dan menghasilkan produk Kaligrafi, Kaligrafi lukis, Kaligrafi Alumunium Composite Panel (ACP), Krawangan ventilasi udara dan cahaya bahan Glassfibre Reinforced cement (GRC). Vendor jasa kaligrafi minang salah satu yang terbaik pada bidangnya karena mendapatkan kepercayaan dalam menanangani proyek swasta dan pemerintah. Namun Kaligrafi Minang ini belum memiliki identitas visual yang baik, sehingga adanya keterbatasan dalam strategi pemasaran jasa yang hanya sebatas kota Padang dan sekitar, maka dari itu tujuan dari perancangan identitas Kaligrafi minang ini untuk merancang visual dari vendor Kaligrafi Minang yang mengimplementasikan nilai-nilai adat dan budaya dari Minangkabau dan mengimplementasikan seni Islamic Geometri, agar terciptanya ciri khas identitas dari vendor Kaligrafi Minang, untuk meningkatkan Brand Positioning, agar menarik minat pelanggan, dan mengalami pertumbuhan bisnis di pasar yang kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan wawancara, observasi, dan analisis data. Data yang terkumpul akan dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan,maka dari itu dengan terciptanya identitas visual Kaligrafi Minang ini dapat menginformasikan kepada konsumen tentang produk yang di hasilkan, selain itu manfaat yang didapat dari ini pengembangan dalam bisnis dapat meningkatkan profit. Adapun metode yang dibuat ialah membuat branding dan Promosi. Seperti pembuatan Logo, Stationary, Marchandising, Banner, X Banner, Brosur, Poster, feed Media Sosial. Melalui perancangan branding dan promosi produk dari vendor Kaligrafi Minang ini masyarakat bisa mengetahui tentang keberadaaan dan manfaat produk yang dihasilkan.

English Abstract

As a service provider, the vendor of "Minang calligraphy" has worked on many projects and produce Calligraphy, products namely painting Calligraphy, Aluminum Composite Panel (ACP) calligraphy, Glassfibre Reinforced cement (GRC) air and light ventilation design. Minang calligraphy is trusted in handling privat and government projects making it one of the best service vendors. Nevertheless, "Minang Calligraphy" has not had a good visual identity yet, As a result, it experiences limitations in marketing strategies that limited to the city of Padang and the surrounding areas. Therefore, the purpose of designing the identity of Minang Calligraphy is to design visuals of Minang Calligraphy vendor that implements traditional and cultural values from Minangkabau, and also applying the art of Islamic Geometry in order to create unique identity of Minang Calligraphy vendor. to improve Brand Positioning, to attract costomer intrest, and experience business growth in a competitive market. The research method used is qualitative involving intervews, observation and data analysis. The data colleced will be analyzed to gaun a deep understanding of needs thus, the visual identity creation of Minang Calligraphy can provide information about the products. In addition, the development in this business can increase profits. The method used is to make branding and promotion. Through the branding designing and product promotion of Minang Calligraphy vendor, the public can aware about the existence and benefits of the products produced.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170514
Uncontrolled Keywords: identitas visual, Minangkabau, Islamic Geometri, Branding, Promosi.visual identity, Minangkabau, Islamic Geometry, Branding, Promotion
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2024 01:16
Last Modified: 14 May 2024 01:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219168
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Azzukhruf Qolbi.R.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item