Pengaruh Marketing Mix dan Lifestyle Terhadap Loyalitas Pelanggan Generasi Z dengan Mediasi Kepuasan pada Kedai Es Krim di Kota Bandung

Diva, Safira and Dr. Silvana Maulidah, SP., MP. and Dr. Asihing Kustanti, S.Hut., M.Si (2024) Pengaruh Marketing Mix dan Lifestyle Terhadap Loyalitas Pelanggan Generasi Z dengan Mediasi Kepuasan pada Kedai Es Krim di Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis, karena berkaitan dengan keberlanjutan operasional suatu usaha. Merek X merupakan pendatang baru di dunia kuliner Indonesia yang menawarkan produk es krim. Kedai es krim tersebut memiliki keunggulan dalam penyajian produk yang unik, sehingga mendapatkan respon positif di awal peluncurannya. Namun, banyaknya kompetitor yang menjual produk sejenis menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam mempertahankan pelanggannya dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran yang efektif. Salah satu strategi tersebut adalah bauran pemasaran (marketing mix 7P) yang meliputi produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik (Raharjo & Digdowiseiso, 2022). Saat ini, pelanggan yang membeli produk tidak hanya mementingkan manfaat dan kebutuhannya saja melainkan untuk memenuhi gaya hidup. Terpenuhinya ekspektasi terhadap gaya hidup (lifestyle) akan berpengaruh pada loyalitas pelanggan (Cahyamulia, 2022). Dengan demikian, penelitian ini penting dilakukan untuk menganalisis tingkat loyalitas pelanggan kedai es krim yang dipengaruhi oleh marketing mix dan lifestyle dengan mediasi kepuasan pelanggan. Temuan dari analisis ini dapat digunakan sebagai dasar penyusunan rekomendasi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Kota Bandung pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2024. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer yang didapatkan dari survei melalui kuesioner skala Likert kepada 70 responden secara online menggunakan google form yang dipilih dengan teknik non probability sampling-accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian pengaruh langsung menunjukan bahwa, marketing mix berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, lifestyle tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa marketing mix berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan lifestyle tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan. ii

English Abstract

Customer loyalty is something that should be a concern for every business entity, as it is related to the sustainability of business operations. Satisfied customers can create loyalty towards a product. Brand X is a newcomer in the Indonesian culinary scene, offering ice cream products. The uniqueness in presenting its products has garnered a positive response in its initial launch. However, the presence of numerous competitors selling similar products, requires business operators to continuously innovate in retaining their customers by implementing various effective marketing strategies. One of these strategies is the marketing mix (7Ps), which includes product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence (Raharjo & Digdowiseiso, 2022). Currently, customers purchasing products not only prioritize their needs and benefits but also aim to fulfill their lifestyle. The fulfillment of lifestyle expectations can influence customer loyalty (Cahyamulia, 2022). Therefore, this research is essential to analyze the level of customer loyalty at ice cream stall which is influenced by the marketing mix and lifestyle, with customer satisfaction as a mediator. The findings from this analysis will be used as a basis for formulating recommendations to enhance customer loyalty through customer satisfaction. This research employs a quantitative research approach conducted in the City of Bandung from December 2023 to January 2024. The data used in this research consist of secondary data and primary data obtained from surveys through Likert scale questionnaires distributed online to 70 respondents using Google Form, selected through non-probability accidental sampling techniques. The analysis methods used in this research are descriptive analysis and Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM-PLS) using SmartPLS 4.0 software. The results of the direct influence show that the marketing mix significantly affects customer loyalty, lifestyle does not significantly affect customer loyalty and customer satisfaction significantly affects customer loyalty. The results of the indirect influence show that the marketing mix significantly affects customer loyalty through customer satisfaction, and lifestyle does not significantly affect customer loyalty through satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040259
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 May 2024 06:32
Last Modified: 20 May 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219116
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safira Diva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item