Yanti, Amelia Dwi and Rachma Bhakti Utami, S.E, M.AB. (2023) Evaluasi Pengelolaan Website Humas Kota Malang dengan Penerapan FAQ Sebagai Upaya Memaksimalkan Akses Informasi. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Humas berperan sebagai pihak yang menjembatani masyarakat dan pemerintah kota Malang untuk mendukung kinerja relasional, dengan beragam aspek secara sosial, ekonomi, maupun secara kultural. Namun, tanpa adanya halaman FAQ yang akan memudahkan masyarakat maupun humas kota Malang dalam transparansi dan kemudahan akses informasi, humas kota Malang akan sangat terhambat sebagai jembatan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pengelolaan website humas kota Malang dengan penerapan FAQ sebagai upaya memaksimalkan akses informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Lokasi analisis penyelesaian dilakukan di Balai Kota Malang, yang beralamatkan Jl. Tugu No.1, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur pada bulan Februari 2023 dan kontinu hingga data yang diinginkan terpenuhi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara pada bagian Humas Pemerintah Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan Website Humas Kota Malang berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan atau sasaran kendati demikian masih mengalami kendala internal yakni kurangnya SDM sementara banyaknya jumlah pertanyaan yang berulang diajukan masyarakat, serta kendala internal yakni rendahnya literasi masyarakat. Upaya penerapan Frequently Asked Questions (FAQ) pada Website Humas Kota Malang akan membantu pegawai Humas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Kota Malang, mengurangi beban kerja staff Humas Kota Malang serta pengoptimal akses infromasi masyarakat juga meningkatkan visibilitas dan citra organisasi
English Abstract
Public Relations acts as a party that bridges Malang's community and city government to support relational performance, with various social, economic and cultural aspects. However, without an FAQ page that will make it easier for the public and public relations for the city of Malang to be transparent and easy to access information, the public relations for the city of Malang will be greatly hampered as a bridge of information to the public. This study aims to determine the evaluation of the management of the Malang city public relations website by implementing FAQ to maximize access to information. The research method used in this study is a qualitative descriptive method with The CIPP evaluation paradigm (Context, Input, Process, Product). The settlement analysis was located at Malang City Hall, located at Jl. Tugu No.1, Kiduldalem, Klojen District, Malang City, East Java, in February 2023 and continues until the desired data is fulfilled. The data in this study were collected by observation and interviews at the Malang City Government Public Relations Department. The results of this study indicate that the management of the Malang City Public Relations Website is running effectively and efficiently in accordance with the goals or objectives. However, it still experiences internal constraints, namely the lack of human resources while the number is large. the number of repeated questions asked by the community and internal constraints, namely low community literacy. Efforts to implement Frequently Asked Questions (FAQ) on the Malang City Public Relations Website will assist Public Relations employees in conveying information to the people of Malang City, reducing the workload of Malang City Public Relations staff and optimizing access to public information as well as increasing the visibility and image of the organization.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170509 |
Uncontrolled Keywords: | Humas, FAQ, Website-Public Relations, FAQ, Website |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:44 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219099 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amelia Dwi Yanti.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |