Analisis Pengaruh Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bongkar Muat (Survei Terhadap Staf Perusahaan Pengguna Jasa Bongkar Muat PT Prima Nur Panurjwan (PNP) di Jakarta)

Savitri, Dina Virginia and Yusri Abdillah, S. Sos., M.Si., Ph.D (2024) Analisis Pengaruh Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bongkar Muat (Survei Terhadap Staf Perusahaan Pengguna Jasa Bongkar Muat PT Prima Nur Panurjwan (PNP) di Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Besarnya peran Perusahaan Bongkar Muat di Indonesia serta pentingnya Bauran Pemasaran dalam kaitannya dengan Keputusan Pembelian memunculkan ketertarikan akan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Bauran Pemasaran Jasa secara simultan dan elemen–elemen Bauran Pemasaran Jasa secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bongkar Muat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research yang menekankan analisis data secara kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 124 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49,5% variabel Keputusan Pembelian Jasa dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu Produk, Lokasi, Harga, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik. Sisanya tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil Uji-F menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Jasa. Uji-t menunjukkan bahwa variabel Produk, Orang, Proses dan Bukti Fisik berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Jasa. Lain halnya dengan variabel Lokasi, Harga dan Promosi yang tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Jasa. Variabel Bukti Fisik menjadi variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Jasa.

English Abstract

The large role of Stevedoring Companies in Indonesia and the importance of the Marketing Mix in relation to purcasing decision gave rise to the interest in conducting this study. This study aims to analyze the effect of the Service Marketing Mix simultaneously and the elements of the Service Marketing Mix partially on purchasing decisions for loading and unloading services. This study uses the type of explanatory research that emphasizes quantitative data analysis. The sampling technique used is non-probability sampling purposive sampling method. The sample used in this study was 124. The results showed that 49.5% of Purchasing Decision variables were influenced by independent variables, namely Product, Location, Price, Promotion, People, Process and Physical Evidence. The rest is not examined in this study. The results of the F test show that the Marketing Mix (Product, Price, Location, Promotion, People, Process, and Physical Evidence) has a significant effect simultaneously on Purchasing Decisions. The t test shows that the variables of Product, People, Process and Physical Evidence have a partially significant effect on Purchasing Decisions. Another case with the variables of Location, Price and Promotion which have no effect on Purchasing Decisions. The Physical Evidence variable is an independent variable that has a dominant effect on Purchasing Decisions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030081
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Produk, Lokasi, Harga, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 May 2024 06:25
Last Modified: 20 May 2024 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219079
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dina Virginia Savitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item