Prioritas Peningkatan Kinerja Jalur Pejalan Kaki Di Koridor Jalan Kalimantan Kabupaten Jember

Ramadhani, Anissa Novia and Imma Widyawati Agustin, ST., MT., Ph.D and Wisnu Sasongko, ST., MT (2024) Prioritas Peningkatan Kinerja Jalur Pejalan Kaki Di Koridor Jalan Kalimantan Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalur pejalan kaki merupakan fasilitas lalu lintas yang penting disediakan sebagai komponen yang terintegrasi dengan sistem lalu lintas jalan untuk mengoptimalkan penggunaan infrastruktur jalan yang ramah terhadap pejalan kaki, sehingga mereka dapat merasakan kenyamanan, aksesibilitas, keamanan, serta pergerakan yang efisien. Koridor Jalan Kalimantan berlokasi di kawasan perkotaan dengan daya tarik guna lahan pendidikan yaitu Universitas Jember. Pertumbuhan sektor informal akibat konsentrasi mahasiswa yang tinggi di sepanjang Koridor Jalan Kalimantan mengambil hak ruang pejalan kaki sehingga pejalan kaki terpaksa berjalan di bahu jalan. Selain itu ditemukan kerusakan pada material perkerasan ruang pejalan kaki, parkir liar di atas trotoar, serta fasilitas pelengkap yang tidak tersebar secara merata dan tidak sesuai standar. Kondisi tersebut menunjukkan kinerja jalur pejalan kaki yang diberikan tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional dan kinerja pelayanan dari jalur pejalan kaki, serta menyusun prioritas arahan pengembangan untuk meningkatkan kinerja operasional dan kinerja pelayanan jalur pejalan kaki di Koridor Jalan Kalimantan. Untuk kinerja operasional peneliti menggunakan analisis komparatif untuk mengetahui geometrik jalur pejalan kaki dan fasilitas pelengkap jalur pejalan kaki; analisis Level of Service (LOS) untuk tingkat pelayanan jalur pejalan kaki; serta penilaian menggunakan parameter untuk menentukan arahan kinerja operasional. Kinerja pelayanan menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap kinerja pejalan kaki; serta analisis Quality Function Deployment (QFD) untuk merumuskan arahan prioritas peningkatan kinerja pelayanan jalur pejalan kaki. Hasil analisis menunjukkan kinerja operasional jalur pejalan kaki masih ditemukan kerusakan perkerasan sepanjang 138,22 meter, 11 fasilitas pelengkap jalur pejalan kaki belum memenuhi standar yang berlaku, hingga nilai LOS mencapai “E” pada waktu puncak di salah satu segmennya. Rekomendasi arahan prioritas pengembangan kinerja operasional dan kinerja pelayanan yang dapat dilakukan agar Koridor Jalan Kalimantan Kabupaten Jember dapat melayani dengan maksimal diantaranya pengembangan geometrik jalur pejalan kaki; perbaikan dan pengadaan fasilitas pelengkap; pengembangan berupa perbaikan dan penambahan jalur penyeberangan (zebra cross); penataan jalur pejalan kaki; pemangkasan dan pemeliharaan rutin; serta penertiban PKL dan parkir liar.

English Abstract

Pedestrian paths are important traffic facilities provided as an integrated component of the road traffic system to optimize the use of pedestrian-friendly road infrastructure so that they can experience comfort, accessibility, safety, and efficient movement. The Kalimantan Street Corridor is located in an urban area with an educational land-use attraction, the University of Jember. The growth of the informal sector due to the high concentration of students along the Kalimantan Street Corridor has taken away pedestrian space, forcing pedestrians to walk on the shoulder of the road. In addition, damage to pedestrian pavement materials, illegal parking on the sidewalk, and complementary facilities that are not evenly distributed and not up to standard were found. These conditions indicate that the performance of the pedestrian paths provided is not running optimally. This study aims to analyze the operational performance and service performance of pedestrian paths, as well as to prioritize development directions to improve the operational performance and service performance of pedestrian paths in the Kalimantan Street Corridor. For operational performance, researchers used comparative analysis to determine the geometrics of pedestrian paths and complementary pedestrian facilities; Level of Service (LOS) analysis for the level of service of pedestrian paths; and assessment using parameters to determine operational performance directions. Service performance uses Importance Performance Analysis (IPA) analysis to determine user perceptions of pedestrian performance, and Quality Function Deployment (QFD) analysis to formulate priority directions for improving pedestrian path service performance. The results of the analysis show that the operational performance of the pedestrian path is still found 138.22 meters of pavement damage, and 11 complementary pedestrian path facilities do not meet applicable standards until the LOS value reaches "E" at peak time in one of its segments. Recommendations for priority directions for developing operational performance and service performance that can be done so that the Kalimantan Street Corridor in Jember Regency can serve optimally include developing pedestrian path geometrics; repair and procurement of complementary facilities; development in the form of repair and addition of crossing lanes (zebra crossing); structuring pedestrian paths; pruning and routine maintenance; and controlling street vendors and illegal parking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070134
Uncontrolled Keywords: Jalur-Pejalan-Kaki; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Quality Function-Deployment
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 May 2024 09:24
Last Modified: 17 May 2024 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219059
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anissa Novia Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Actions (login required)

View Item View Item