Evaluasi dan Pengembangan Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih Di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung

Irfananto, Anas and Ir. Moh. Sholichin, MT., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. and Dr. Eng. Riyanto Haribowo, ST., MT., IPM. (2024) Evaluasi dan Pengembangan Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih Di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pulau Nusa Penida adalah salah satu pulau selain Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang termasuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Klungkung. Pada lokasi ini terdapat jaringan air bersih yang bersumber dari Mata Air Guyangan dan Mata Air Penida. Pada kondisi jaringan saat ini dapat dikatakan kurang dalam pendistribusian air bersih karena adanya berbagai masalah terkait dengan air bersih. Maka dari itu dibutuhkan komponen tambahan dalam sistem distribusi di Pulau Nusa Penida yang dapat menjawab permasalahan tersebut, dalam perencanaannya dibantu dengan Software WaterCAD V8i. Analisis evalusi dan pengembangan dilakukan dengan melihat dari aspek hidraulik, kualitas air, dan ekonomi dalam satu jaringan yang terdiri dari 8 pompa dan 8 tandon.

English Abstract

Nusa Penida Island is one of the islands besides Nusa Lembongan Island and Nusa Ceningan which is included in the administrative area of Klungkung Regency. At this location, there is a network of clean water sourced from Guyangan Springs and Penida Springs. In the current condition of the network, it can be said that there is a lack of clean water distribution due to various problems related to clean water. Therefore, additional components are needed in the distribution system on Nusa Penida Island which can answer these problems, in planning with the help of WaterCAD V8i software. Evaluation and development analysis is carried out by looking at the hydraulic, water quality, and economic aspects in a network consisting of 8 pumps and 8 reservoirs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070133
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, WaterCAD V8i, Sistem Distribusi Air Bersih
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 May 2024 09:24
Last Modified: 17 May 2024 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219043
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anas Irfananto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Actions (login required)

View Item View Item