Media Linoit Berbasis Portal Web Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial Siswa.

Habrianida, Shinfaka Natasya and Vanda Hardinata, S.Pd., M.Pd. (2024) Media Linoit Berbasis Portal Web Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial Siswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam menyampaikan pemikirannya secara efektif dan tepat dalam menulis teks editorial sehingga menjadi pendorong alasan penelitian ini. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana penerapan linoit berbasis portal web dalam pembelajaran menulis teks editorial terhadap siswa serta hasil peningkatan keterampilan siswa ketika diterapkannya media linoit berbasis portal web pada pembelajaran menulis teks editorial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan teknik penelitian deskriptif dan kualitatif. Dengan sampel satu kelas, populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Batu. Setelah prosedur observasi selesai, siswa mendapatkan angket (kuesioner) sebagai bagian dari pendekatan pengumpulan data yang memadukan teknik bimbingan observasi dengan pelaksanaan pembelajaran. Dengan berkolaborasi menggunakan metode nature learning siswa akan dapat menemukan gagasan dalam menentukan ide menulis teks editorial yang kemudian akan dipublikasikan di dalam kelas dengan memanfaatkan media linoit sehingga, siswa menjadi terdorong motivasi untuk semakin menambah pengetahuan dalam hal menulis.

English Abstract

This research was motivated by students' inability to express their thoughts effectively and precisely in writing editorial texts, which became the driving force for this research. The formulation of the problem in this research is how to apply web portal-based Linoit in learning to write editorial texts for students and the results of improving students' skills when applying web portal-based Linoit media in learning to write editorial texts. This research uses a classroom action research (PTK) design which uses descriptive and qualitative research techniques. With a sample of one class, the research population consisted of class XII MIPA 3 students at SMAN 1 Batu. After the observation procedure is complete, students receive a questionnaire as part of a data collection approach that combines observation guidance techniques with learning implementation. By collaborating using the nature learning method, students will be able to find ideas in determining ideas for writing editorial texts which will then be published in class using linoit media so that students will be motivated to increase their knowledge in terms of writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120036
Uncontrolled Keywords: Linoit, Keterampilan Menulis, Teks Editorial
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 May 2024 09:24
Last Modified: 17 May 2024 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219010
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shinfaka Natasya Habrianida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item