Fernanda, Ovilia Eka and Ir. Effy Yuswita, M. Si. (2024) Pengaruh Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Sayurbox Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sayurbox merupakan salah satu e-commerce yang bergerak dalam bidang pemasok dan pendistribusian yang menawarkan berbagai jenis produk sayur dan buah. Perusahaan ini memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berinteraksi dengan petani dan konsumen secara online melalui aplikasi yang bernama Sayurbox. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan Sayurbox adalah terjadi penurunan jumlah kunjungan pada aplikasi Sayurbox dalam kurun waktu tiga bulan mengakibatkan menurunnya jumlah pembeli di aplikasi Sayurbox Surabaya karena berkurangnya minat beli konsumen dan bermunculan perusahaan baru yang sejenis membuat persaingan semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix 4P yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat/saluran distribusi (place), promosi (promotion) secara simultan maupun parsial terhadap minat beli konsumen Sayurbox Surabaya. Metode penelitian sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah responden ditentukan sampel berjumlah 100 dengan menggunakan rumus cochran untuk pengambilan sampel dikarenakan jumlah populasi yang terlalu besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS sebagai alat olah data, untuk mengetahui pengaruh variabel independen produk (product) (X1), harga (price) (X2), tempat/saluran distribusi (place) (X3), dan promosi (promotion) (X4).terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sata sekunder. Pengumpulan data primer pada penelitian ini menggunakaan kuesioner tertutup dengan skala likert kepada responden. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari studi literatur, Instagram Sayurbox dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing mix (product, price, place, promotion) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 144,0,21 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai signifikansi < 0,05%. Variabel marketing mix yaitu product dan price memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat beli karena nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi < 0,05, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel promotion memiliki pengaruh secara parsial namum tidak signifikan terhadap minat beli konsumen karena nilai sig. 0,20 > 0,05 dan nilai thitung > ttabel sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh secara parsial namum tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan variabel menunjukan nilai sig. 0,055 > 0,05 dan nilai thitung sebesar 1,941< ttabel 1,985 artinya variabel place tidak berpegaruh terhadap minat beli konsumen.
English Abstract
Sayurbox is an e-commerce company that operates in the supplier and distribution sector which offers various types of vegetable and fruit products. This company utilizes technological advances to interact with farmers and consumers online through an application called Sayurbox. The problem that occurred with the Sayurbox company was that there was a decrease in the number of visits to the Sayurbox application within a period of three months resulting in a decrease in the number of buyers in the Sayurbox Surabaya application due to reduced consumer buying interest and the emergence of new similar companies making competition even tighter. This research aims to determine the influence of the 4P marketing mix consisting of product, price, place, promotion simultaneously or partially on the buying interest of Sayurbox Surabaya consumers. The sample research method in this study used a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. The number of respondents was determined as a sample of 100 using the Cochran formula for sampling because the population was too large. This research uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis methods with the help of SPSS as a data processing tool, to determine the influence of the independent variables product (X1), price (X2), place (X3), and promotion (X4). Buying interest (Y). The data used in this research are primary data and secondary data. Primary data collection in this study used a closed questionnaire with a Likert scale for respondents. Meanwhile, secondary data collection was obtained from literature studies, Sayurbox Instagram and documentation. Based on the research results, it shows that the marketing mix (product, price, place, promotion) simultaneously and significantly influences consumer buying interest. This is proven by the Fstatistic value of 144.0.21 with a significance value of 0.000. The test results show that Fstatistic > Ftable with a significance value < 0.05%. The marketing mix variables, namely product and price, have a partial and significant influence on buying interest because the tstatistic > ttable and the significance value < 0.05, so it can be said that there is a partial and significant influence on consumer buying interest. The promotion variable has a partial but not significant influence on consumer buying interest because the sig value. 0.20 > 0.05 and the t statistic is 2.370 < ttable 1.985 so it can be said that there is a partial but not significant influence on consumer buying interest. Meanwhile, the variable place shows a sig value. 0.055 > 0.05 and the tstatistic is 1.941 < ttable 1.985, meaning that the place variable has no effect on consumer buying interest.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524040247 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:23 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219009 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ovilia Eka Fernanda.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |