Rizkiyah, Putri and Lailatul Husna, S.Pd., M.Pd. (2024) Pemahaman Verba Polisemi Tsukuru Oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa semester 6 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya terhadap verba polisemi tsukuru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori polisemi bahasa Jepang「日本語多義語学習辞典」 (2018) yang menjelaskan mengenai kata yang memiliki makna berbeda namun saling bertautan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pre-determined design dengan tes sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pemahaman mahasiswa terhadap verba 「作る」tsukuru berada pada persentase 85% dan pemahaman mahasiswa terhadap verba 「造る」tsukuru berada pada persentase 52%, sehingga dari hasil tersebut diketahui bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap verba 「作る」tsukuru berada pada tingkat “Sangat Baik” dan pemahaman mahasiswa terhadap verba 「造る」tsukuru berada pada tingkat “Kurang”.
Other obstract
本研究は、ブラウィジャヤ大学日本語教育学科6学期の学生の多義語動詞「つくる」に関する理解度を調べることを目的とした。本研究で利用された理論は意味的に関連の認められる異なった意味をもつ語に関する日本語の多義語「日本語多義語学習辞典」(2018年)。本研究は、定量的な方法としてテストを使用し、pre-determined研究である。分析によると、動詞「作る」の理解率は85%、動詞「造る」の理解率は52%であることを見つけた。この分析結果によると、動詞「作る」理解度は「非常にいい」レベル、動詞「造る」理解度は「悪い」レベルであることが分かった。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120034 |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Verba, Polisemi, Tsukuru |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:08 |
Last Modified: | 17 May 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219006 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Rizkiyah.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |