Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Metaverse Terhadap Antusiasme Siswa Kelas 12 Mipa 1 Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Di Sman 10 Malang

Fiscarina, Laurita Anggela and Wiranto Aji Dewandono, S.Pd, M.Pd (2024) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Metaverse Terhadap Antusiasme Siswa Kelas 12 Mipa 1 Pada Pembelajaran Bahasa Jepang Di Sman 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak ditemukan antusiasme siswa saat pembelajaran terutama bahasa Jepang kurang dikarenakan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan interaktif, maka dapat memanfaatkan teknologi yaitu salah satunya berbasis metaverse yang mana terdapat web Assemblr Metaverse yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media Assemblr Metaverse dan antusiasme siswa pada pembelajaran bahasa Jepang dan tingkat antusiasme kelas 12 MIPA 1 SMAN 10 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasi, data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Assemblr Metaverse terhadap antusiasme siswa. Hal ini dapat diketahui dari penilaian 36 responden, bahwa nilai signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Untuk tingkat keeratan hubungan kedua variabel memiliki tingkat korelasi kuat yang berada pada rentang 0,60 – 0,799 yaitu sebesar 0,731. Sedangkan tingkat antusiasme siswa kelas 12 MIPA 1 terhadap penggunaan media pembelajaran Assemblr Metaverse termasuk dalam kategori baik.

Other obstract

日本語学習において、使用する学習メディアに学習者が興味を持ちにくく、インタラクティブなものではないため、意欲を持ち続けられない現象が見られる。近年ではテクノロジーを利用した新しい学習ツールを利用できるようになり、そのひとつがメタバース・ベースであり、学習に利用できるAssemblrメタバース・ウェブがある。本研究の目的は、Assemblrメタバース・メディアの利用と日本語学習における生徒の熱意との関係を明らかにすることであり、12級MIPA 1 SMAN 10 マランの熱意を数値的にを示すことである。本研究では、アンケート結果から得られたデータの相関関係を定量的手法を用いて示している。この結果、学習メディアAssemblrメタバースの利用が学生の熱意と有意な関係があることがわかる。このことは、36人の回答者の評価から、有意値が0.000~0.05未満(0.000<0.05)であることからわかる。2つの変数の関係は0.731であり、強い相関関係をしめす0.60~0.799の範囲内にあることから、今回の調査も強い相関関係をしめしている。一方、学習メディアAssemblrメタバースの使用に対する12年生MIPA 1の生徒の熱意のレベルは、良いカテゴリーに含まれている。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120031
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Assemblr, Metaverse, Antusiasme, Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 08 May 2024 06:27
Last Modified: 08 May 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218999
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laurita Anggela Fiscarina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item