Batitusta, Fabian Omar and Vanda Hardinata, M.Pd. (2024) Pengaruh Implemetasi Media Educaplay Berbasis Gadget Terhadap Hasil Belajar Menulis Esai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Educaplay merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis permainan. Media tersebut cocok digunakan pada pembelajaran abad 21 yang berbasis teknologi. Selain itu, media Educaplay juga berbasis gadget, alat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan generasi muda saat ini. Media Educaplay memiliki beberapa fitur salah satunya adalah froggy jumps. Pada fitur froggy jumps, siswa dihadapkan pada tiga opsi pilihan jawaban. Kemudian, siswa diminta untuk memilih satu jawaban yang benar agar permainan dapat dilanjutkan hingga pertanyaan terakhir. Penelitian ini akan meneliti tentang pengaruh implementasi media Educaplay terhadap hasil belajar siswa dalam menulis esai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan implementasi dan pengaruh media Educaplay terhadap pembelajaran menulis esai kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batu. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa dalam menulis esai. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media permainan edukasi Educaplay berbasis gadget berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menulis esai. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,12 lebih besar dari t-tabel sebesar 0,05. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 89,14 sedangkan kelas kontrol sebesar 84,85. Berdasarkan hasil analisis deskriptif tersebut menunjukkan bahwa melalui penggunaan media Educaplay siswa dapat memahami materi yang disampaikan secara lebih mendalam yang dibuktikan melalui hasil belajar siswa dalam menulis esai.
English Abstract
Educaplay is one of the digital media that can be used as a game-based learning media. The media is suitable for technology-based 21st century learning. In addition, Educaplay media is also gadget-based, an electronic device that cannot be separated from the lives of today's young generation. Educaplay media has several features, one of which is froggy jumps. In the froggy jumps feature, students are presented with three answer choice options. Then, students are asked to choose one correct answer so that the game can continue until the last question. This study will examine the effect of Educaplay media implementation on students' learning outcomes in writing essays. This study aims to describe the implementation and influence of Educaplay media on learning to write essays in class XII. This type of research is experimental research with quantitative methods. The population in this study were XII social studies students of SMA Negeri 1 Batu. The data in this study are students' learning outcomes in writing essays. Data collection in this study was carried out using observation techniques and written tests. Data analysis was carried out with descriptive techniques. The results of this study indicate that the implementation of gadget-based Educaplay educational game media has an effect on student learning outcomes in writing essays. This is evidenced by the results of the t-test which t-count value of 0,12 greater than the t-table of 0,05. The results of descriptive analysis show that the average value of the experimental class is higher than the control class. The average value obtained by the experimental class was 89.14 while the control class was 84.85. Based on the results of the descriptive analysis, it shows that through the use of Educaplay media, students can understand the material presented more deeply as evidenced by student’s learning outcomes in writing essays.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120028 |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, educaplay, gadget, menulis esai-influence, educaplay, gadget, essay writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 17 May 2024 06:44 |
Last Modified: | 17 May 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218991 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fabian Omar Batitusta.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |