Pengaruh Ulasan konsumen online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Eatsambel di Shopee Melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Malang

Albie, Layyina Farnisa and Prof. Dr. Ir. Syafrial, M.S and Dr. Ir. Suhartini, M.P. (2024) Pengaruh Ulasan konsumen online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Eatsambel di Shopee Melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini pengguna e-commerce selalu meningkat dari tahun 2018 hingga 2023 mencapai 196,47 juta jiwa (Statista, 2023). E-commerce dengan jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia adalah Shopee dengan rata-rata kunjungan situs per bulan Juli-September 2023 sebesar 216,7 juta (Ahdiat, 2023). Berdasarkan hasil survei 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), persentase terbesar bidang usaha yang berada di e-commerce adalah makanan, minuman, dan bahan makanan yaitu sebesar 43,02 persen. Salah satu pelaku usaha online dalam bidang tersebut adalah EatSambel. EatSambel merupakan usaha produk sambal yang bervariasi dan viral di sosial media TikTok maupun Instagram. EatSambel melihat peluang masyarakat Indonesia yang menyukai rasa pedas khususnya sambal yang berbahan dasar cabai rawit (Sulistijowati et al., 2020). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) (2023), konsumsi cabai rawit tahun 2022 yaitu 569.650 ton meningkat dari tahun 2021 yaitu 528.140 ton. Produk EatSambel telah terjual lebih dari 10 ribu produk selama 2018 hingga 2023 di Shopee namun masih terdapat ulasan negatif dan EatSambel berupaya untuk menangani hal tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis pengaruh ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada produk EatSambel di Shopee, (2) Menganalisis pengaruh ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan konsumen pada produk EatSambel di Shopee, (3) Menganalisis pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada produk EatSambel di Shopee, dan (4) Menganalisis pengaruh ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada produk EatSambel di Shopee melalui kepercayaan konsumen. Lokasi penelitian ini yaitu Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan teknik insidental atau accidental sampling. Teknik insidental atau accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila orang yang kebetulan ditemui cocok dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti (Sugiyono, 2018). Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Shopee di Kota Malang dan kriteria sampel pada penelitian ini adalah pengguna Shopee di Kota Malang yang mengetahui atau telah membeli produk EatSambel di Shopee. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan Hair et al. (2010) yaitu 10 kali total indikator dan total minimum sampel yaitu 130 sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Analisis SEM-PLS (Sturctural Equation Modeling-Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) Ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, (3) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan (4) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan memediasi hubungan ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen EatSambel. Mediasi kepercayaan antara pengaruh ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli tergolong partial mediation atau memediasi sebagian. Saran bagi EatSambel yaitu EatSambel dapat meningkatkan minat beli konsumen dengan cara membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menanggapi ulasan konsumen online yang bersifat negatif dengan tepat sesuai dengan permasalahan yang disampaikan.

English Abstract

Currently, e-commerce users always increase from 2018 to 2023 reaching 196.47 million people (Statista, 2023). E-commerce with the highest number of visits in Indonesia is Shopee with an average site visit per July-September 2023 of 216.7 million (Ahdiat, 2023). Based on the results of the 2022 survey by the Central Statistics Agency (BPS), the largest percentage of business fields in e-commerce is food, beverages, and food ingredients, which is 43.02 percent. One of the online business actors in this field is EatSambel. EatSambel is a varied and viral chili sauce product business on TikTok and Instagram social media. EatSambel sees the opportunity for Indonesian people who like spicy flavors, especially chili sauce made from cayenne pepper (Sulistijowati et al., 2020). According to data from the Central Statistics Agency (BPS) (2023), the consumption of cayenne pepper in 2022 is 569,650 tons, an increase from 2021 is 528.140 tons. EatSambel products have sold more than 10 thousand products on Shopee but there are still negative reviews and EatSambel is trying to deal with this. The objectives of this study are (1) to analyze the effect of online consumer reviews and service quality on buying interest in EatSambel products at Shopee, (2) to analyze the effect of online consumer reviews and service quality on consumer confidence in EatSambel products at Shopee, (3) to analyze the effect of consumer confidence on buying interest in EatSambel products at Shopee, and (4) to analyze the effect of online consumer reviews and service quality on buying interest in EatSambel products at Shopee through consumer confidence. The location of this research is Malang City. Sample determination using incidental or accidental sampling techniques. Incidental or accidental sampling technique is a sampling technique based on chance, that is, anyone who happens to meet the researcher can be used as a sample, if the person who happens to be found matches the criteria set by the researcher (Sugiyono, 2018). The population in this study are Shopee users in Malang City and the sample criteria in this study are Shopee users in Malang City who know or have purchased EatSambel products at Shopee. The number of samples is determined based on Hair et al. (2010) which is 10 times the total indicators and the minimum total sample is 130 samples. The data analysis used is descriptive statistical analysis and SEM-PLS Analysis (Sturctural Equation Modeling-Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) Ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, (3) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan (4) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan memediasi hubungan ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen EatSambel. Mediasi kepercayaan antara pengaruh ulasan konsumen online dan kualitas pelayanan terhadap minat beli tergolong partial mediation atau memediasi sebagian. Saran bagi EatSambel yaitu EatSambel dapat meningkatkan minat beli konsumen dengan cara membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menanggapi ulasan konsumen online yang bersifat negatif dengan tepat sesuai dengan permasalahan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040231
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 15 May 2024 08:01
Last Modified: 15 May 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218977
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Layyina Farnisa Albie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item