Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan EWOM terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Online sebagai Variabel Mediasi pada UMKM “Dapoer Naycha”, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Irianto, Sherina Natalia and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan EWOM terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Online sebagai Variabel Mediasi pada UMKM “Dapoer Naycha”, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki wilayah laut serta pesisir yang tersebar potensi perikanannya yang dinilai sangat besar dimana jumlah produksi perikanan lut secara keseluruhan mencapai hingga 111,29 ribu ton. Adanya potensi perikanan tersebut dapat menjadi peluang usaha baik usaha kecil maupun besar. Tidak hanya itu, permintaan yang semakin meningkat ini juga didasari atas adanya kesadaran masyarakat untuk memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Adanya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat seperti ikan menyebabkan semakin meningkatnya jumlah permintaan konsumen akan produk perikanan, sejalan dengan perkembangan dari bisnis kuliner maupun UMKM yang menjualkan produk perikanan tersebut. Salah satu UMKM yang ada di Jawa Timur yang menjualkan produk perikanan yakni UMKM Dapoer Naycha dengan produk keripik kulit ikan patin merek “Rechista”. UMKM Dapoer Naycha ini berdiri sejak akhir tahun 2019 dan mengalami banyak kemajuan. UMKM ini menjualkan produknya secara online dan ada pun konsumen yang memberikan ulasan terkait kualitas produk, serta harga dari produk UMKM Dapoer Naycha ini. Oleh karenanya, penting sekali bagi UMKM Dapoer Naycha untuk memperhatikan strategi pemasaran yang digunakan, dengan melihat pengaruh dari kualitas produk, harga, dan eWOM terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, pengaruh eWOM terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara keputusan pembelian online dalam memediasi hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara keputusan pembelian online dalam memediasi hubungan harga terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara keputusan pembelian online dalam memediasi hubungan eWOM terhadap kepuasan konsumen, dan hubungan antara keputusan pembelian online terhadap kepuasan konsumen Penelitian ini dilaksanakan selama Februari – Maret 2024 di UMKM Dapoer Naycha dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, adapun sampel yang digunakan berjumlah 140 responden yakni konsumen yang pernah membeli produk keripik kulit ikan patin merek “Rechista” dengan kriteria minimal 17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan warpPLS SEM Method serta analisis deskriptif.Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan eWOM memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian online. Kualitas produk, harga, dan eWOM memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi mampu memutuskan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi mampu memutuskan harga terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi tidak mampu memutuskan eWOM terhadap kepuasan konsumen, serta keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Saran yang diberikan yakni perusahaan harus mampu mempertahankan serta meningkatkan strategi pemasaran dengan pendekatan variabel kualitas produk, harga, dan eWOM agar UMKM ini lebih mampu memberikan kepuasan konsumen dan menciptakan adanya keputusan pembelian yang berulang dari konsumen yang puas terhadap produk dari UMKM ini. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya yakni dengan menggunakan variabel yang berbeda dan memperluas variabel-variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini, serta diharapkan bagi peneliti selanjutnya yakni mengambil sampel yang lebih banyak sehingga data yang diperoleh pun lebih akurat.

English Abstract

East Java is one of the provinces in Indonesia that has marine and coastal areas that spread the potential of fisheries which is considered very large where the total production of lut fisheries reaches up to 111.29 thousand tons. The existence of this fishery potential can be a business opportunity for both small and large businesses. Not only that, the increasing demand is also based on public awareness to start a healthy life by consuming foods that have good nutritional content for the body. The existence of public awareness of the importance of consuming healthy foods such as fish causes an increasing number of consumer demand for fishery products, in line with the development of culinary businesses and MSMEs that sell fishery products. One of the MSMEs in East Java that sells fishery products is the Dapoer Naycha MSME with the "Rechista" brand of catfish skin chips. Dapoer Naycha MSME was established at the end of 2019 and has experienced a lot of progress. These MSMEs sell their products online and there are also consumers who provide reviews regarding the quality of the products, as well as the prices of these Dapoer Naycha MSME products. Therefore, it is very important for Dapoer Naycha MSMEs to pay attention to the marketing strategies used, by looking at the effect of product quality, price, and eWOM on customer satisfaction with online purchasing decisions as a mediating variable. This study aims to determine the effect of product quality on customer satisfaction, the effect of price on customer satisfaction, the effect of eWOM on customer satisfaction, the relationship between online purchasing decisions in mediating the relationship between product quality and customer satisfaction, the relationship between online purchasing decisions in mediating the price relationship to customer satisfaction, the relationship between online purchasing decisions in mediating the eWOM relationship to customer satisfaction, and the relationship between online purchasing decisions to customer satisfaction. This research was conducted during February - March 2024 at UMKM Dapoer Naycha with a quantitative descriptive approach. In this study, the sample used amounted to 140 respondents, namely consumers who had bought patin fish skin chips products under the "Rechista" brand with a minimum criterion of 17 years. The data analysis used in this study is to use the warpPLS SEM Method and descriptive analysis. The research results obtained show that product quality, price, and eWOM have an influence on online purchasing decisions. Product quality, price, and eWOM have an influence on customer satisfaction. Online purchasing decisions as a mediating variable are able to decide product quality on customer satisfaction, online purchasing decisions as a mediating variable are able to decide prices on customer satisfaction, online purchasing decisions as a mediating variable are unable to decide eWOM on customer satisfaction, and online purchasing decisions as a mediating variable have a significant effect on customer satisfaction. The advice given is that companies must be able to maintain and improve marketing strategies with a variable approach to product quality, price, and eWOM so that these MSMEs are better able to provide customer satisfaction and create repeated purchasing decisions from consumers who are satisfied with the products of these MSMEs. As for suggestions for future researchers, namely by using different variables and expanding other variables that are not contained in this study, and it is hoped that future researchers will take more samples so that the data obtained will be more accurate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080039
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 May 2024 08:13
Last Modified: 16 May 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218965
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sherina Natalia Irianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item