Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Mediasi Electronic Word of Mouth (E-WOM) (Studi Pada Kedai Kopi Janji Jiwa).

Siallagan, Jefri Radiant and Dr. Fitria Dina Riana, SP., MP (2024) Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Mediasi Electronic Word of Mouth (E-WOM) (Studi Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan. Manfaat maksimal dari potensi media sosial dapat diperoleh dengan mengembangkan berbagai strategi pemasaran menggunakan media sosial dalam aktivitas bisnis termasuk bisnis coffee shop. Peningkatan jumlah coffee shop dan pengguna internet yang bersamaan menyebabkan terjadinya persaingan antar merek dan tantangan pasar yang berubah. Oleh karena itu, penting untuk coffee shop menyusun strategi komunikasi pemasaran digital untuk menarik perhatian pengguna internet dan memperoleh e-WOM dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan komunikasi pemasaran digital yang telah dilakukan oleh kedai kopi; (2) Menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran digital terhadap keputusan pembelian dengan mediasi electronic word of mouth (e-WOM); (3) Merumuskan strategi komunikasi pemasaran digital pada kedai kopi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pemilihaan responden dilakukan dengan pendekatan non-probability sampling. Selanjutnya, responden dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 140 responden menggunakan kriteria tertentu. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisoner yang berisi pernyataan dengan skala likert 5 dan juga obeservasi media online Kopi Janji Jiwa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis karakteristik responden dan komunikasi pemasaran digital Kopi Janji Jiwa. Dan menganalisis hubungan antar variabel menggunakan metode SEM-PLS dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel komunikasi pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel electronic word of mouth sebesar 0,915. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel keputusan pembelian sebesar 0,691. Variabel komunikasi pemasaran digital juga berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel keputusan pembelian sebesar 0,260. Terakhir, variabel komunikasi pemasaran digital berpengaruh secara positif dan signifikan kepada variabel keputusan pembelian yang dimediasi oleh electronic word of mouth sebesar 0,632. Berikut beberapa rumusan strategi yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah: 1) Membangun interaksi positif melalui media sosial dengan memberikan promo menarik; 2) Membangun interaksi dengan mengikuti dan membagikan berita kegiatan atau kampanye sosial dan lingkungan dapat mendorong konsumen untuk membicarakan perusahaan secara positif di media online mereka; 3)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040225
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 15 May 2024 08:01
Last Modified: 15 May 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218963
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jefri Radiant Siallagan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item