Theresa, Khofifah Iffatul Elsa and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2023) Analisis Rantai Pasok Dan Efisiensi Pemasaran Pada Usaha “Agung Koi Farm” Di Desa Karanganyar, Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ikan koi (Cyprinus carpio ) merupakan jenis ikan yang masih berkeluarga dengan ikan mas namun yang membedakannya adalah ikan koi mempunyai corak warna yang indah. Ikan koi memiliki minat yang tinggi dikalangan masyarakat salah satunya adalah Kabupaten Kediri yang banyak melakukan budidaya ikan koi dikarenakan permintaan ikan koi yang tinggi. Pembudidaya ikan koi yang berada di Kabupaten Kediri adalah Agung Koi Farm adalah usaha pembesaran ikan koi yang menghasilkan ikan koi yang memiliki kualitas bagus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi rantai pasok dan mengetahui efisiensi pemasaran dalam rantai pasok di Agung Koi Farm, Desa Karanganyar, Kabupaten Kediri. Kondisi rantai pasok komoditas ikan koi di Agung Koi Farm Desa Karanganyar Kabupaten Kediri secara umum sudah masuk ke dalam . Struktur rantai pasok terdiri dari Agung Koi Farm, pengepul, pengecer, dan konsumen akhir. Proses bisnis rantai pasok komoditi ikan koi di Agung Koi Farm yang terjadi meliputi aliran produk, aliran informasi, dan aliran keuangan yang secara umum telah berjalan dengan baik. Rantai pasok ikan koi terdapat dua tipe kualitas ikan koi yakni Grade A dan B. Rantai pasok ikan koi grade A saluran pertama memperoleh nilai margin pemasaran Rp.5.000.000 dan fishermans share 29%. Sedangkan saluran kedua nilai margin pemasaran Rp. 2.500.000 dan fishermans share 50%. Pada rantai pasok ikan koi grade B saluran pertama memperoleh nilai margin pemasaran Rp.3.000.000 dan fishermans sahre 25%. Sedangkan saluran kedua nilai margin pemasaran Rp 1.500.000 dan fishermans share 50%. Dari kedua saluran tersebut saluran kedua lebih efisien dibandingkan dengan saluran pertama, dikarenakan saluran kedua memperoleh fishermans share yang sama yaitu 50%. Disarankan Agung Koi Farm dalam melakukan pengiriman packing ikan lebih ditingkatkan lagi untuk keamanannya agar saat dilakukan pengiriman keluar kota atau keluar negeri oksigen yang berada di dalam plastik tetap ada dan tidak kempes walaupun sudah dilapisi dengan kardus atau gabus pada bagian luarnya. Permasalahan tersebut mengakibatkan ikan stress dan mati. Pengepul untuk lebih memperluas pemasaran ikan koi dikarenakan ikan koi memiliki potensi yang tinggi dalam pemasarannya dengan begitu produk yang dimiliki pengepul akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Pada packing ikan juga diperhatikan untuk keamanan saat dilakukan pengiriman karena sering terjadi ikan belum sampai tujuan namun packing sudah mengalami kerusakan dan itu mengakibatkan ikan mati saat masih perjalanan. Pengecer melakukan promosi dan pemasaran melalui media sosial yang lebih luas dan tidak mengandalkan pada satu media sosial saja dengan begitu pengecer akan mampu menambah pembeli atau pelanggan. Pemerintah setempat untuk lebih memperhatikan pengusaha budidaya ikan di Desa Karanganyar, Kecamatan Wates untuk terus memantau perkembangan pembudidaya sehingga pemerintah juga mampu membantu permasalahan yang terjadi dan meningkatkan hasil dari budidaya ikan di Kecamatan Wates. Akademisi untuk lebih sering melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapang atau kegiatan penelitian guna mengkaji permasalahan yang ada di Agung Koi Farm Desa Karanganyar, Kecamatan Wates.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080827 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 08 May 2024 01:18 |
Last Modified: | 08 May 2024 01:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218950 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khofifah Iffatul Elsa Theresa.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |