Pengaruh Produk, Citra Merek dan eWOM Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Multivitamin dan Obat-Obatan Ikan Merek “Boster” Pada PT. Indosco Dwijaya Sakti Sidoarjo

Ayurois, Airisa and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Pengaruh Produk, Citra Merek dan eWOM Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Multivitamin dan Obat-Obatan Ikan Merek “Boster” Pada PT. Indosco Dwijaya Sakti Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budidaya adalah sektor perikanan yang menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Budidaya kolam salah satu adalah sektor budidaya yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia karena perawatannya yang mudah dengan sedikit resiko. Beberapa resiko yang mengancam keberlangsungan produksi pada budidaya kolam yaitu kegagalan panen yang disebabkan oleh penyakit. Untuk menghindari atau mengatasi permasalahan penyakit ikan, pembudidaya perlu memilih multivitamin dan obat-obatan yang tepat bagi ikan. Studi pemasaran PT. Indosco Dwijaya Sakti sebagai perusahaan yang memproduksi obat-obatan dan multivitamin bagi ikan berkaitan dengan produk, citra merek, dan eWOM dalam menentukan minat beli dan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh: 1) produk terhadap keputusan pembelian, 2) citra merek terhadap keputusan pembelian, 3) eWOM terhadap keputusan pembelian, 4) produk terhadap minat beli, 5) citra merek terhadap minat beli, 6) eWOM terhadap minat beli, 7) produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, 8) citra merek terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, 9) eWOM terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Sampel pada penelitian ini sebanyak 130 pembeli produk “Boster” secara online dengan mengisi kuesioner berbentuk google form yang dikirimkan melalui diret message. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan nonprobability dengan teknik purposive sampling. Kriteria sampel yaitu pelanggan yang melakukan pembelian online lebih dari satu kali, dan berumur 17 tahun keatas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) dengan nilai signifikasi 0.041 < 0.05 dan nilai koefisien beta 0.286, citra merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) dengan nilai signifikasi 0.008 < 0.01 dan nilai koefisien beta 0.184, eWOM (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) dengan nilai signifikasi <0.001 dan nilai koefisien beta 0.315, produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi <0.001 dan nilai koefisien beta 0.45, citra merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi <0.001 dan nilai koefisien beta 0.30, eWOM (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi <0.001 dan nilai koefisien beta 0.18, produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) melalui minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi <0.001 dan koefisien beta 0.242, citra merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) melalui minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi 0.004 < 0.01 dan koefisien beta 0.164, eWOM (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) melalui minat beli (Y1) dengan nilai signifikasi <0.001 dan koefisen beta 0.095. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian sebagai tolak ukur keberlanjutan penjualan produk “Boster”, maka PT. Indosco Dwijaya Sakti perlu meningkatkan kualitas dan citra merek obat-obatan dan multivitamin ikan “Boster”. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa produk, citra merek, dan eWOM dengan bantuan atau perantara minat beli lebih efektif dalam peningkatan keputusan pembelian. Sehingga, untuk meningkatkan keputusan pembelian maka direkomendasikan dengan meningkatkan minat beli. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan model penelitian dengan menambah variabel mediasi atau variabel lain yang sangat potensial dalam pembentukan keputusan pembelian, mengembangkan penelitian dibidang pemasaran produk obat-obatan dan multivitamin bagi ikan mengenai kepuasan dan loyalitas pelanggan, menambahkan indikator variabel produk, citra merek, atau eWOM untuk memperkuat penelitian. Kemudian saran untuk PT. Indosco Dwijaya Sakti adalah meningkatkan eWOM adalah memberikan tempat untuk pelanggan menyampaikan keluhan atau saran agar PT. Indosco Dwijaya Sakti dapat dengan mudah mengerti keinginan konsumen. Ketika konsumen menerima produk sesuai dengan keinginan dan harapannya, maka eWOM akan meningkat.

English Abstract

Aquaculture is the fisheries sector which is the backbone of the economy in Indonesia. Pond cultivation is a cultivation sector that is widely practiced by Indonesian people because it is easy to maintain with little risk. Some risks that threaten the continuity of production in pond cultivation include crop failure caused by disease. To avoid or overcome fish disease problems, farmers need to choose the right multivitamins and medicines for fish. PT marketing study. Indosco Dwijaya Sakti as a company that produces medicines and multivitamins for fish is related to products, brand image and eWOM in determining purchasing interest and purchasing decisions. The purpose of this research is to analyze the relationship between the influence of: 1) product on purchasing decisions, 2) brand image on purchasing decisions, 3) eWOM on purchasing decisions, 4) product on purchasing interest, 5) brand image on purchasing interest, 6) eWOM on purchase interest, 7) product on purchase decisions through purchase interest, 8) brand image on purchase decisions through purchase interest, 9) eWOM on purchase decisions through purchase interest. The sample in this study was 130 buyers of "Boster" products online by filling out a questionnaire in the form of a Google form which was sent via direct message. The sampling technique for this research uses nonprobability with a purposive sampling technique. The sample criteria are customers who have made online purchases more than once, and are aged 17 years or over. The analysis technique used is descriptive analysis and WarpPLS 7.0. The results of this research show that product (X1) has a significant effect on purchasing decisions (Y2) with a significance value of 0.041 < 0.05 and a beta coefficient value of 0.286, brand image (X2) has a significant effect on purchasing decisions (Y2) with a significance value of 0.008 < 0.01 and beta coefficient 0.184, eWOM (X3) has a significant effect on purchasing decisions (Y2) with a significance value <0.001 and a beta coefficient value of 0.315,product (X1) has a significant effect on purchase interest (Y1) with a significance value <0.001 and a beta coefficient value of 0.45, brand image (X2) has a significant effect on purchase interest (Y1) with a significance value <0.001 and a beta coefficient value of 0.30, eWOM (X3) has a significant effect on purchase interest (Y1) with a significance value <0.001 and a beta coefficient value of 0.18, product (X1 ) has a significant effect on purchasing decisions (Y2) through purchase interest (Y1) with a significance value <0.001 and a beta coefficient of 0.242, brand image (X2) has a significant effect on purchase decisions (Y2) through purchase interest (Y1) with a significance value of 0.004 < 0.01 and a beta coefficient of 0.164, eWOM (X3) has a significant effect on purchasing decisions (Y2) through purchasing interest (Y1) with a significance value of <0.001 and a beta coefficient of 0.095. The results of this research indicate that purchasing decisions as a measure of the sustainability of sales of "Boster" products, PT. Indosco Dwijaya Sakti needs to improve the quality and brand image of its "Boster" fish medicines and multivitamins. The results of this research prove that products, brand image, and eWOM with the help or intermediary of purchasing interest are more effective in increasing purchasing decisions. So, to increase purchasing decisions, it is recommended to increase purchasing interest. Suggestions for further research are to develop a research model by adding mediating variables or other variables that have great potential in forming purchasing decisions, developing research in the field of marketing of medicinal products and multivitamins for fish regarding customer satisfaction and loyalty, adding product variable indicators, brand image, or eWOM to strengthen research. Then suggestions for PT. Indosco Dwijaya Sakti is improving eWOM by providing a place for customers to submit complaints or suggestions so that PT. Indosco Dwijaya Sakti can easily understand consumer desires. When consumers receive products in accordance with their desires and expectations, eWOM will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080026
Uncontrolled Keywords: Produk, Citra Merek, eWOM, Minat Beli, Keputusan Pembelian-Product, Brand Image, eWOM, Purchase Interest, Purchase Decision
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 16 May 2024 08:12
Last Modified: 16 May 2024 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218924
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Airisa Ayurois.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item