Analisis Yuridis Peran Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) dalam Perlindungan merek terkenal terhadap tindakan typosquatting domain sebagai penegak Online Dispute Resolution (ODR)

Sanchia, Nathania (2023) Analisis Yuridis Peran Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) dalam Perlindungan merek terkenal terhadap tindakan typosquatting domain sebagai penegak Online Dispute Resolution (ODR). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk upaya saja yang dapat dilakukan oleh pemilik merek terkenal atas adanya tindakan typosquatting domain, serta bagaimana efektifitas penerapan Online Dispute Resolution (ODR) yang berlaku pada Penyelesaian Perselisihan Nama Domain dalam menyelesaikan permasalahan typosquatting domain di Indonesia. Metode yang penulis gunakan pada penelitian ini menggunakan metode empiris dimana penulis berangkat dari fakta – fakta yang ada yang kemudian dilakukan pendekatan dengan cara melakukan wawancara dengan salah satu panelis pada lembaga Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) dan juga melakukan pengambilan data – data yang terkait. Semakin berkembangnya teknologi membuat semakin tingginya tindakan pada dunia maya terkait dengan nama domain terutama terhadap merek – merek terkenal. Oleh karena itu, pentung untuk mengetahui bagaimana bentuk upaya yang dapat dilakukan terhadap pemilik merek terkanal untuk dapat menyelesaikan perselisihan nama domain di Indonesia agar tindakan perselisihan ini tidak kembali terjadi.

English Abstract

This research aims to investigate what measures can be taken by well-known mark owners over typosquatting domains and the effectiveness of the implementation of online dispute resolution (ODR) in domain name dispute resolution especially in domain typosquatting in Indonesia. This research employed an empirical method, departing from existing facts and an approach that involved interviews with one of the panelists representing Domain Name Dispute Resolution (PPND). Relevant data were also studied. Advancement of technology triggers more irresponsible acts to take place, especially regarding domain names affecting well-known marks. Therefore, it is essential to find out the measures that can be taken by well-known mark owners to allow for the settlement of domain name-related disputes in Indonesia to ensure that similar issues will not repeat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 06 May 2024 06:20
Last Modified: 06 May 2024 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218868
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
nathania sanchia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item