Zulwis, Syafrima Fadhilla and Wike, S.Sos., M.Si, DPA, and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si (2024) Layanan Pengembalian Dan Perpanjangan Pustaka Cetak Melalui Whatsapp (Studi Pada Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era informasi saat ini, perpustakaan memiliki peran krusial sebagai lembaga penyedia informasi dan pengetahuan. Fokusnya bukan hanya pada pengumpulan dan penyimpanan, tetapi juga pada layanan yang diberikan kepada pemustaka. Salah satu layanan yang berkembang adalah penggunaan aplikasi whatsapp oleh Perpustakaan Kemendikbud untuk proses pengembalian dan perpanjangan pustaka cetak secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji layanan tersebut, dengan melibatkan pandangan pustakawan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi layanan melalui whatsapp. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan whatsapp di Perpustakaan Kemendikbud cukup efektif dalam menciptakan lingkungan layanan yang sederhana, jelas, aman, dan efisien. Pelayanan ini memberikan kesederhanaan prosedur, kejelasan, keamanan privasi, kenyamanan, dan efisiensi dalam interaksi antara pustakawan dan pemustaka. Pustakawan berperan penting dalam menjelaskan prosedur dan memberikan pelayanan yang cukup efektif. Meskipun terdapat kendala seperti keterlambatan respon dan tugas yang menumpuk, pustakawan tetap berusaha menjaga ketepatan waktu dalam pelayanan. Faktor pendukung layanan layanan melalui whatsapp melibatkan kemampuan pustakawan, responsivitas, dan sarana prasarana yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambat mencakup kurangnya kesadaran pemustaka terhadap layanan ini dan kurangnya pemahaman terhadap aturan penggunaan layanan. Penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang implementasi layanan pengembalian dan perpanjangan pustaka cetak melalui whatsapp di Perpustakaan Kemendikbud.
English Abstract
In today's information age, libraries have a crucial role as institutions providing information and knowledge. The focus is not only on collection and storage, but also on the services provided to users. One of the growing services is the use of the WhatsApp application by the Ministry of Education and Culture Library for the process of returning and extending print libraries online. This study aims to examine these services, by involving the views of librarians and identifying factors that affect the services through WhatsApp. The research method used is a qualitative descriptive approach with observation, interview, and documentation techniques. The results showed that WhatsApp services in the Ministry of Education and Culture Library are effective in creating a simple, clear, safe, and efficient service environment. This service provides simplicity of procedure, clarity, security, privacy, comfort, and efficiency in the interaction between librarians and users. Librarians play an important role in explaining procedures and providing effective services. Despite obstacles such as delayed responses and piling up tasks, librarians still try to maintain punctuality in service. Factors supporting of services through WhatsApp involve the ability of librarians, responsiveness, and supporting infrastructure. Meanwhile, inhibiting factors include lack of user awareness of this service and lack of understanding of the rules for using the service. This research provides a comprehensive overview of the implementation service for returning and extending printed books via WhatsApp at the Ministry of Education and Culture Library.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030069 |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Prosedur, Whatsapp, Layanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 03 May 2024 05:08 |
Last Modified: | 03 May 2024 05:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218852 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syafrima Fadhilla Z.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |