Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Pesan Antar Makanan (Survei pada Pelanggan GoFood di Kota Batu)

Salsabila, Nadya and Dr. Drs. Riyadi, M.si (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Pesan Antar Makanan (Survei pada Pelanggan GoFood di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era digital yang semakin berkembang, hampir semua aktivitas manusia tidak terlepasdari bantuan teknologi dan internet, termasuk pada aktivitas jual beli makanan. Kemunculan berbagai aplikasi yang menyediakan layanan pesan antar makanan memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu datang langsung ke restoran, karena makanan yang dipesan akan diantarkan ke alamat tujuan. Salah satu aplikasi asal Indonesia yaitu Gojek memiliki fitur layanan pesan antar makanan online bernama GoFood. Supaya lebih unggul dari kompetitor, tentunya perlu memperhatikan berbagai hal yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian di GoFood, diantaranya seperti Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kemudahan. Hal tersebut kemudian mendasari tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pelanggan pengguna GoFood di Kota Batu baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 105 responden yang sesuai dengan kriteria populasi, yaitu masyarakat Kota Batu berusia 18-49 tahun yang menjadi pengguna GoFood serta pernah melakukan pembelian menggunakan aplikasi GoFood selama 1 tahun terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan Google Form. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Harga dan Kemudahan masingmasing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kemudahan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

In the increasingly digital era, almost all human activities are inseparable from the assistance of technology and the internet, including food purchasing activities. The emergence of various applications providing food delivery services enables consumers to make online purchases from anywhere and anytime without the need to visit restaurants directly, as the ordered food will be delivered to the designated address. One of the Indonesian-origin applications, Gojek, features an online food delivery service called GoFood. To excel over competitors, it is necessary to consider various factors that can influence purchasing decisions on GoFood, including Service Quality, Price, and Convenience. This is what underlies the aim of this research, which is to determine and analyze the influence of Service Quality, Price, and Convenience on the Purchasing Decisions of GoFood customers in Batu city, both partially and simultaneously. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The sampling method used is non-probability sampling, specifically purposive sampling with a sample size of 105 respondents who meet the population criteria, that is Batu City residents aged 18-49 years who are GoFood users and have made purchases using GoFood in the last year. Data collection method utilized an online questionnaire with Google Form. Data analysis techniques included descriptive statistics and Partial Least Square (PLS) using SmartPLS software. The results of this research indicate that Service Quality has a positive but not significant influence on Purchasing Decisions, while Price and Convenience each have a positive and significant influence on Purchasing Decisions. Service Quality, Price, and Convenience collectively have a simultaneous and significant influence on Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030051
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kemudahan, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 May 2024 07:01
Last Modified: 02 May 2024 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218804
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadya Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item