Hubungan Konsumsi Tablet Fe dan Asam Folat dengan Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) Pada Mahasiswi S1 Kebidanan Angkatan 2020-2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

Wardhany, Nabila Karissa Aretha and dr. Danik Agustin Purwantiningrum, M.Kes and dr. Yahya Irwanto, Sp.OG(K). (2024) Hubungan Konsumsi Tablet Fe dan Asam Folat dengan Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) Pada Mahasiswi S1 Kebidanan Angkatan 2020-2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sindroma Pramenstruasi merupakan salah satu permasalahan reproduksi yang umum dialami oleh wanita. Faktor penyebab dari sindroma pramenstruasi belum diketahui secara pasti, namun terdapat teori bahwa hal ini terjadi akibat perubahan hormonal. Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mencegah dan mengatasi gejala PMS, salah satunya adalah mineral berupa zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsumsi tablet Fe dan asam folat dengan gejala Premenstrual Syndrome (PMS) pada Mahasiswi S1 Kebidanan angkatan 2020-2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang. Dari hasil purposive sampling didapatkan 127 responden sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuisioner berisikan gejala PMS sesuai dengan DRSP dan intensitas konsumsi sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square (p=0,05) dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi tablet Fe dan asam folat dengan gejala PMS (p=0,734) dan koefisien korelasi -0,19. Namun terdapat kecenderungan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh responden dengan intensitas konsumsi lemah dan sedang. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Tidak Ada Hubungan Konsumsi Tablet Fe dan Asam Folat dengan Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) pada Mahasiswi S1 Kebidanan Angkatan 2020-2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.

English Abstract

Premenstrual syndrome is a commonly occurring reproductive problem in women. The contributing factors of premenstrual syndrome are not known for certain, but there is a theory that this occurs due to hormonal changes. Good nutritional intake can help prevent and overcome PMS symptoms, including iron. This study aims to identify the relationship between intake of Fe and folic acid tablets and symptoms of Premenstrual Syndrome (PMS) in undergraduate midwifery students class of 2020-2023 at the Faculty of Medicine, Brawijaya University Malang. This research is a cross-sectional study. From the outcome of purposive sampling, 127 respondents were obtained as samples. Data collection was carried out by fulfilling a questionnaire containing PMS symptoms according to DRSP and consumption intensity pursuant to the advice of the Indonesian Ministry of Health. Data were analyzed by applying chi-square (p=0.05) and Rank Spearman tests. The results revealed no statistically significant relationship between Fe and folic acid tablet consumption and PMS symptoms (p=0.734) and a correlation coefficient of -0.19. However, there is a tendency of physical and psychological symptoms experienced by respondents with weak and moderate consumption intensity. The concluded that no correlation between Fe and Folic Acid Tablet Consumption and Premenstrual Syndrome (PMS) Symptoms in Midwifery Undergraduate Students Class of 2020-2023 at the Faculty of Medicine, Universitas Brawijaya Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060108
Uncontrolled Keywords: Asam Folat, Fe,Sindroma Pramenstruasi, Zat Besi-Fe, Folic Acid, Iron, Premenstrual Syndrome
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 May 2024 04:00
Last Modified: 15 May 2024 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218777
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Karissa Aretha Wardhany.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item