Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Yang Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Konser Sepihak Oleh Penyelenggara (Studi Kasus Di Bpsk Kota Yogyakarta)

Rachmawati, Sekar Dewi and Djumikasih, S.H., M.Hum, (2024) Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Yang Menderita Kerugian Akibat Pembatalan Konser Sepihak Oleh Penyelenggara (Studi Kasus Di Bpsk Kota Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan hukum terkait pelaksanaan perlindungan hukum bagi pemegang tiket konser musik yang menderita kerugian akibat pembatalan sepihak oleh penyelenggara. Hal tersebut di latar belakangi karena tindakan EO XX yang tidak memenuhi kewajibannya untuk mengembalikan uang tiket. Kemudian, adanya hambatan dalam penyelesaian sengketa tersebut yakni Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Yogyakarta tidak melaksanakan fungsinya secara maksimal yang mengakibatkan konsumen gagal untuk mempertahankan haknya. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah:(1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan konsumen yang menderita kerugian akibat pembatalan konser sepihak oleh penyelenggara?(2) Bagaimana hambatan dan upaya BPSK Kota Yogyakarta dalam penyelesaian sengketa pembatalan konser secara sepihak oleh penyelenggara? Skripsi yang ditulis oleh penulis menggunakan metode yuridis empiris (sosiolegal) dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Penulis akan menganalisis data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknis analisa deskriptif kualitatif karena disini penulis mengkaji, mengolah, serta membahas informasi yang didapat dari penelitian secara ilmiah. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh dua kesimpulan. Pertama, pelaksanaan perlindungan konsumen merujuk Pasal 52 UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen belum dapat melindungi konsumen yang menderita kerugian akibat pembatalan konser sepihak oleh penyelenggara karena dari ketiga peran strategis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Yogyakarta didapati ketidakmaksimalan. Peran BPSK sebagai lembaga pemutus sengketa tidak optimal karena kekurangan dana sebagai akibat dari hal-hal structural, peran sebagai lembaga pengawas klausula baku tidak berjalan karena BPSK Kota Yogyakarta belum pernah melakukan pengawasan baik sendiri maupun karena aduan. Hanya peran sebagai lembaga konsultasi sajalah BPSK telah melakukan advokasi terhadap konsumen maupun pelaku usaha. Kedua, terhadap permasalahan yang ada diketahui terdapat hambatan dalam proses penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK yaitu terkait hukum, dukungan operasional dan sumber daya manusia antara lain adanya ketidaksesuaian kewenangan pelaksanaan perlindungan konsumen dalam UU Perlindungan Konsumen dan UU Pemda sehingga terkait hal tersebut perlu upaya bantuan BPKN untuk melakukan perubahan regulasi, selain itu belum tersedianya gedung BPSK yang representatif sebagai akibat dari keterbatasan dana operasional yang membuat lembaga ini harus secara mandiri dan aktif memasarkan eksistensi diri serta terdapat kurangnya anggota BPSK yang berlatar Pendidikan sarjana hukum sehingga upaya yang dapat dilakukan adalah dengan aktif mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi keahlian di bidang penyelesaian masalah hukum.

English Abstract

In this thesis, the author raises legal issues related to legal protection for consumers who hold concert tickets who suffer losses due to unilateral cancellation of musik concerts by the organizers. The choice of the theme was motivated by actions taken by EO XX's failure to meet its obligation to refund the ticket money. Then, there was an obstacle in the settlement of the dispute, Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) Yogyakarta did not perform its functions to the maximum, so consumers failed to uphold their rights. Based on the above background, this thesis raises two problem formulations:(1) How is the implementation of consumer protection that suffers losses due to unilateral concert cancellation by organizers?(2) What are the obstacles and efforts of BPSK Yogyakarta in unilaterally resolving the concert cancellation dispute by the organizer? This thesis, written by the author uses an empirical juridical method (sociolegal) using a sociological juridical approach. The author will analyze primary data and secondary data by using qualitative descriptive analysis technique because here the author examines, processes, and discusses information obtained from scientific research. From the results of the research using the above method, the research results show two things. First, the implementation of consumer protection referring to Article 52 of the Consumer Protection Act has not been able to protect consumers who suffer losses as a result of unilateral cancellation of the concert by the organizer because of the three strategic roles of the Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) Yogyakarta found to be inadequate. The role of BPSK as a dispute resolution agency is not optimal due to lack of funds as a result of structural matters, The role as a standard clause supervisory agency also does not work because BPSK Yogyakarta has never performed surveillance either on its own or because of complaints. The only role as a consultancy agency that is work, because BPSK has been successfully advocating both consumers and entrepreneurs. Second, against the existing problems there are obstacles in the process of consumer dispute resolution by the BPSK is related to the law, operational support and human resources, such as there is incompatibility of the authority of implementation of the protection of consumers in the Consumer Protection Act and the Appeals Act so in connection with this need to help BPKN efforts to make changes in regulation, besides there is not available the representative building of the BSPK as a result of the limitation of operational funds that make this institution must independently and actively market self-existence as well as there is a lack of members of the BPSK who pursue law graduate education so that the effort can be done is to actively follow the training activities and certification of expertise in the field of legal problem resolution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524010064
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:10
Last Modified: 30 Apr 2024 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218756
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sekar Dewi Rachmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item