Analisis Kualitas Sistem, Informasi, Pelayanan, Efikasi Diri pada Penggunaan, Kepuasan Pengguna dan Dampak Individu (Studi pada Pengguna Sistem Pengelolaan Pembelajaran Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang)

Widyaningrum, Tutut and Prof. Dr. Ir. Qomariyatus Sholihah, Amd.Hyp,, S.T., M.Kes. IPU.AS and Dr. Bambang Santoso Haryono, M.S (2024) Analisis Kualitas Sistem, Informasi, Pelayanan, Efikasi Diri pada Penggunaan, Kepuasan Pengguna dan Dampak Individu (Studi pada Pengguna Sistem Pengelolaan Pembelajaran Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat berdampak terhadap peningkatan pelayanan pada dunia pendidikan dan mendorong adopsi e-learning sebagai hasil langsung dari integrasi pendidikan dan teknologi. Kualitas e-learning menjadi faktor yang dapat berkontribusi terhadap prestasi akademik dan merupakan faktor yang signifikan dalam mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem, informasi, pelayanan, efikasi diri pada penggunaan, kepuasan Pengguna dan dampak individu pada pengguna Sistem Pengelolaan Pembelajaran Universitas Negeri Malang dengan menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean (D&M Success Model). Model ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dampak keberhasilan Sistem Pengelolaan Pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode survey dengan instrumen kuesioner. Teknk analisis yang digunakan adalah PLS-SEM, yang dioperasikan melalui program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 hipotesis diajukan terbukti empiris berpengaruh positif dan signifikan. Variabel information quality memiliki pengaruh paling dominan terhadap use adalah dengan nilai path coefficient sebesar 0.384, sedangkan variabel service quality menunjukkan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap user satisfaction dengan nilai path coefficient sebesar 0.269. Nilai path coefficient pengaruh use terhadap user satisfaction sebesar 0.221 dan pengaruh terhadap academic performance sebesar 0.380. User satisfaction terhadap SIPEJAR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap academic performance dengan nilai path coefficient sebesar 0.572. Semakin tinggi tingkat user satisfaction SIPEJAR mempengaruhi peningkatan academic performance. Penelitian ini menggunakan variabel-variabel Model Kesuksesan Sistem Informasi yang telah dikembangkan oleh Delone & McLean yaitu system quality, information quality, service quality, use, user satisfaction dan individual impact dan diperluas dengan penambahan variabel self efficacy untuk menciptakan model yang lebih kuat. Penambahan variabel self efficacy ke dalam model menghasilkan temuan bahwa self efficacy dapat memprediksi penggunaan (use) dan kepuasan pengguna (user satisfaction) yang pada gilirannya akan berdampak terhadap prestasi akademik. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti bahwa model yang diusulkan dapat lebih efektif dalam menjelaskan individual impact, terutama dalam hal peningkatan academic performance dalam konteks penggunaan e-learning. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang dapat disampaikan antara lain menyediakan informasi yang up to date, availability, dan accurate serta lebih fokus terhadap pelayanan yang dapat memfasilitasi interactive communication antara dosen dan mahasiswa maupun meningkatkan fungsi sistem berjalan dengan baik. Pengembangan sumber daya manusia baik tim pengembang, operator maupun teknisi sistem dilakukan secara berkala serta fasilitas keterlibatan aktif juga perlu diperhatikan seperti peningkatan penggunaan forum diskusi, pemberian tugas dan kegiatan keterlibatan lainnya dapat mendorong partisipasi aktif mahasiswa. Survei kepuasan mahasiswa sekiranya dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan umpan balik dan mengukur tingkat kepuasan dan kebutuhan mereka. Penelitian selanjutnya untuk dapat meneliti pengguna Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR), tidak hanya terbatas pada satu fakultas, tetapi juga melibatkan fakultas-fakultas lain di UM sebagai pengguna SIPEJAR maupun melibatkan pengguna sistem e-learning dilokasi yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424030001
Uncontrolled Keywords: sistem, informasi, e-learning, D&M Success Model
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:33
Last Modified: 30 Apr 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218744
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tutut Widyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Actions (login required)

View Item View Item